Gempa Sorong Merusak Ratusan Rumah dan Menimbulkan Belasan Korban Jiwa

0
586
Gempa Sorong

Gempa Sorong yang terjadi di Provinsi Papua Barat ini nampaknya merusak ratusan rumah dan menimbulkan belasan korban jiwa. Gempa ini terjadi pada pukul 01.06 WIT dengan kekuatan 6,8 Skala Richter ( SR ). Tak ada korban meninggal dalam gempa di Sorong ini.

Dari pernyataan seorang warga sana, gempa berlangsung selama 15 menit hingga membuat warga Kota dan Kabupaten Sorong panik berhamburan keluar rumah.

“Belum diketahui berapa jumlah rumah warga Kota Sorong yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Khusus di kawasan Remu ada belasan rumah warga mengalami kerusakan retak tembok akibat gempa itu,” ujar salah seorang warga.

Gempa Sorong Berkekuatan 6,8 SR
Gempa Sorong berkekuatan 6,8 SR ini tak memicu terjadinya tsunami.

Untuk saat ini belum ada korban jiwa, hanya saja beberapa orang mengalami luka berat dan harus menjalani perawatan di RSUD setempat, diketahui mereka panik kala gempa berlangsung dan terjatuh karena panik.



Deny Putirai selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat mengatakan gempa berkekuatan 6,8 SR ini berpusat di timur laut Kota Sorong.

“Lokasi gempa 0.59 LS dan 131.27 BT yang berjarak 31 kilometer di timur laut Kota Sorong. Kedalaman gempa 10 km yang guncangannya terasa di beberapa kabupaten terdekat termaksud Kabupaten Manokwari,” tuturnya.

Gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami, namun warga diharapkan untuk tetap waspada terhadap gempa susulan.

Komentar