Keteledoran Arab Saudi yang Menyebabkan Tragedi Mina

0
504
Keteledoran Arab Saudi

Terjadinya tragedi Mina memang menjadi salah satu keteledoran Arab Saudi, bagaimana bisa?. Pertama dari Crane yang jatuh telah menunjukan kalau pemerintah Arab Saudi sebagai pengelola haji sembrono dalam mempersiapkan semuanya.

Kali ini terjadi kembali tragedi di Mina, dimana para jamaah haji saling injak menginjak satu sama lain, mereka yang terjatuh kecil kemungkinannya untuk dapat bertahan hidup. Sebab, panasnya cuaca disana dan kurangnya ruang oksigen membuat beberapa jamaah terjatuh dan pingsan hingga harus terinjak-injak oleh para jamaah lainnya yang melakukan jumrah.

Pemerintah Arab Saudi membela diri kalau pihaknya sudah mempersiapkan segalanya, sayangnya Allah belum berkehendak. Hal ini pun dibantah oleh Ketua Tim Jamaah Haji Iran, Said Ohadi yang menyatakan Arab Saudi tidak profesional dalam menyelenggarakan haji tahun ini.

Tragedi di Mina
Inilah keteledoran pemerintah Arab Saudi yang menyebabkan tragedi di Mina.

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian menyatakan kalau pihaknya tidak akan membiarkan kejadian ini berlalu begitu saja. Sebab, kejadian ini dikarenakan kelalaian pihak penyelenggara haji Arab Saudi.



  1. Dua jalur menuju Jamarat ditutup tanpa sebab

Penutupan dua jalur ini menjadi pemicu terjadinya tragedi Mina, Ohadi berpendapat kejadian ini tidak akan terjadi apabila dua jalur tersebut dibuka. Dirinya dan para jamaah haji asal Iran yang ia pimpin pun merasa kaget ketika dua jalur tersebut ditutup, mereka sempat panik, namun perlahan mencoba untuk tenang.

Akibat penutupan dua jalur itu, terjadilah peristiwa penumpukan yang membuat beberapa jamaah haji tersendak dan terjatuh hingga terinjak-injak.

  1. Tidak adanya posko kesehatan darurat

Posko kesehatan yang harusnya dapat menjadi alternatif bagi mereka yang mengalami kelelahan tidak tersedia. Hal ini tentu membuat beberapa jamaah memaksakan diri hingga mereka dehidrasi dan terjatuh.

“Ini pelaksanaan haji paling buruk dari yang pernah saya ikuti tiga kali sebelumnya,” tutur salah seorang jamaah.

Salah seorang jamaah asal Inggris, Bashar Jamil mengatakan kalau peristiwa terjadi karena pemerintah Arab Saudi yang kurang persiapan.

  1. Tidak ada petugas yang mengatur arus jamaah

Inilah kesalahan fatal dari pemerintah Arab Saudi, tidak adanya petugas yang mengatur arus jamaah membuat tragedi Mina ini terjadi, bila saja ada petugas yang mengatur arus jamaah, mungkin terjadinya kejadian ini masih dapat diminimalisir, terlebih, dua jalur menujur Jamarat pun ditutup. Akan lebih baik lagi bila ada petugas yang mengurus arus jamaah, sehingga jamaah dapat beribadah haji dengan aman.

  1. Peningkatan Kuota Haji

Ali al-Ahmed salah seorang peneliti ibadah haji menjelaskan bahwa kuota haji dari Arab Saudi selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun, sehingga bisa terlihat dampaknya saat ini, menurutnya Arab Saudi harusnya membatasi jamaah, bukan malah meningkatkannya tanpa adanya persiapan yang matang.

Nah, itulah beberapa keteledoran Arab Saudi yang menyebabkan tragedi di Mina ini terjadi, hingga saat ini 717 orang dinyatakan tewas dan sekitar 800 orang mengalami luka-luka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here