Wahana Rekreasi dan Terapi Pemandian Air Panas Bora

0
955

Jalan – jalan ke Sulawesi Tengah tak lengkap bila belum mengunjungi kabupaten Sigi yang berjarak 20 km dari pusat Palu dan objek wisata ini juga mudah untuk diakses. Fadlin yang merupakan penjaga objek wisata ini menuturkan bahwa air panas ini dulunya berukuran kecil dan belum mendapatkan pengelolaan secara serius yang kemudian warga desa memiliki inisiatif untuk menjadikan pemandian air panas tersebut sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Sigi.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah pun menggali sumber air panas tersebut bersama warga desa setempat menjadi ukuran yang lebih besar.

“Waktu itu dilakukan tahun 2002, dengan menggunakan alat berat. Setelah itu, barulah dibuatkan seperti kolam yang dikelilingi cor. Sejak saat itu, pengelolaan dipegang alih pemerintah Donggala,” ungkap Fadlin menjelaskan.

Pada tahun 2008, disinilah Kabupaten Sigi mulai berkembang dan pengelolaan objek air panas ini diambil alih oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sigi dan mulailah dibangun fasilitas yang cukup memadai.



kolam-pemandian-air-panas-bora

Tidak hanya memberikan sebuah kesenangan saja, tapi air panas pun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mandi air panas juga akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang.

Hingga saat ini, objek wisata pemandian air panas ini menjadi sorotan para turis dalam negeri dan juga luar negeri. Mereka mendatangi pemandian air panas ini untuk berekreasi sambil therapy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here