Tragedi di Mina, Beginilah Kronologis dan Penyebabnya

0
791
Tragedi di Mina
Inilah keteledoran pemerintah Arab Saudi yang menyebabkan tragedi di Mina.

Kementerian Luar Negeri Indonesia menerima kabar yang tak sedang dari perwakilan Indonesia di Arab Saudi, kurang lebih 300 an orang meninggal dalam waktu yang sangat cepat. Dari sejumlah orang yang meninggal dalam tragedi di Mina ini, terdapat beberapa WNI, padahal belum lama ini baru terjadi Crane jatuh di Masjidil Haram Mekkah. Mendengar tragedi ini, publik banyak bertanya mengenai kronologi dan penyebab tragedi di Mina ini.

Penyebab tragedi di Mina terjadi karena terjadinya penumpukan jamaah haji yang membuat kemacetan sehingga antara satu dengan yang lainnya saling berdesakkan, karena umumnya mereka adalah para orang tua yang sudah berumur, maka kondisi fisik pun lemah sehingga tak kuat bertahan dalam kerumunan yang amat padat.

Kronologi tragedi di Mina ini berawal dari jalan menuju tempat lempar jumrah diantara tenda-tenda yang berada di Mina. Saat itu, ada sekelompok jamaah yang berhenti dalam kerumunan jumrah. Karena jumrah yang belakang terus saja berjalan, terjadilah penumpukan sehingga jumrah yang berada di tengah tidak mendapatkan ruang yang memadai hingga harus berdesak-desakan.

Tragedi di Mina ini terjadi kurang lebih pada pukul 07.00 WIB, akibat terjadi tragedi di Mina, tim penyelamat Arab Saudi pun bergegas untuk melakukan penyelamatan dan mencoba untuk merapihkan barisan jumrah agar tidak terlalu padat. Naas, beberapa orang sudah dalam kondisi lemas dan ada juga yang sudah tidak bernyawa.



Jamaah Haji di Mina
Beginilah kondisi jamaah Haji di Mina.

Akibat terjadinya tragedi di Mina ini, Kemenlu pun bergegas untuk mengidentifikasi para korban yang berada di beberapa rumah sakit Arab Saudi untuk mengetahui jumlah korban yang berasal dari WNI.

Komentar