Taksi Uber Diprotes Oleh Organda

0
364
File illustration picture showing the logo of car-sharing service app Uber on a smartphone next to the picture of an official German taxi sign in Frankfurt, September 15, 2014. A Frankfurt court earlier this month instituted a temporary injunction against Uber from offering car-sharing services across Germany. San Francisco-based Uber, which allows users to summon taxi-like services on their smartphones, offers two main services, Uber, its classic low-cost, limousine pick-up service, and Uberpop, a newer ride-sharing service, which connects private drivers to passengers - an established practice in Germany that nonetheless operates in a legal grey area of rules governing commercial transportation. REUTERS/Kai Pfaffenbach/Files (GERMANY - Tags: BUSINESS EMPLOYMENT CRIME LAW TRANSPORT)

Taksi Uber merupakan taksi berplat hitam yang mulai merambah kota – kota besar di Indonesia, pada dasarnya Taksi Uber ini bukanlah sebuah angkutan umum layaknya taksi – taksi lain yang memiliki plat kuning dan bersifat komersial. Namun, keberadaan taksi Uber ini sangat popular dikalangan masyarakat karena mudahnya dalam melakukan pemesanan order yang dapat dilakukan dengan aplikasi yang bernama Uber.

Ketua Organda ( Organisasi Angkutan Darat ) Shafruhan Sinungan menolak keberadaan taksi Uber serta pengoperasiannya di kota – kota besar.

“Kami DPD Organda DKI sudah sangat geram terhadap sepak terjang Uber Taksi yang benar-benar menginjak-injak dan menghina pemerintah dan pengusaha taksi yang tergabung dalam Organda,” ucap dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (7/6/2015).

Pasalnya, pengoperasian taksi berplat hitam ini tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah soal angkutan umum. Oleh karena itu, Organda pemerintah pun turun tangan dalam menangani kasus Taksi Uber ini. Namun, tetap saja Taksi Uber masih kerap beroperasi.



Pemerintah juga melihat peluang terhadap taksi Uber dan memikirkan cara untuk membicarakan masalah izin dengan pihak taksi Uber, tapi belum mendapatkan tanggapan hingga saat ini.

Layanan Uber yang berbasis aplikasi ini memang sangat memanjakan calon penumpang. Dimana, calon penumpang dapat memilih rute dan jenis kendaraan yang dikehendaki apa itu Toyota Innova, Toyota Sonata dan Toyota Alphard. Selanjutnya posisi dari kendaraan akan terpantau GPS dan datang ke lokasi calon penumpang.

 

Komentar