Apa Pengertian Dari Makna Idul Adha? Pahami Dulu Maknanya

0
458
Idul Adha

Idul Adha dikenal dengan sebuah perayaan umat muslim, dimana banyak yang menyembelih hewan-hewan qurban seperti Kambing/Domba dan Sapi. Lantas apa makna dari Idul Adha?. Sebagai seorang Muslim yang merayakan Idul Adha tentu harus mengetahui maknanya, jadi tidak hanya merayakan saja, melainkan mengerti tentang pengertian dari Idul Adha.

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan sembelihlah hewan ( qurban). Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus” (QS. Al-Kausar : 1-3)

Dalam hal ini, manusia sebenarnya sudah diberikan nikmat yang tak terhingga oleh Allah SWT. Namun, tak sedikit manusia yang selalu merasa kurang, padahal setiap manusia sudah diberikan kesempurnaan yang tak terhingga yang tentu tidak akan dimiliki oleh mahluk hidup lainnya selain manusia.

Anak, Isteri, Harta dan Kesehatan adalah salah satu penghias dalam nikmat yang Allah SWT berikan, mengapa hanya penghias?. Sebab, apa yang tubuh kita miliki, seperti organ-organ tubuh kita adalah nikmat utama yang Allah SWT berikan. Bayangkan bila kita tidak memiliki nikmat utama tersebut, dapatkan kita memiliki nikmat penghias yang Allah SWT berikan?.



Makna Idul Adha
Apa sih makna dari berqurban dalam hari raya Idul Adha?

Allah SWT tak pernah sedikitpun mengurangi nikmatnya terhadap manusia, sayangnya sifat tak pernah puas manusia yang selalu menjadi hambatan untuk bersyukur. Seperti halnya, pada hari Idul Adha ini, mungkin sebagian manusia berfikir kalau dirinya masih merasa kurang hingga tak mau berqurban. Bagi mereka yang merupakan kaum Dhuafa mungkin diperbolehkan, tapi bagaimana untuk mereka yang berkecukupan?. Hal ini tentu kembali lagi kepada diri manusia tersebut. Berikut ini adalah makna utama mengapa kita perlu untuk menyisihkan sedikit harta kita untuk berqurban.

  1. Kita adalah mahluk yang sempurna, semua manusia memiliki status yang sama sehingga disinilah kita mengumandangkan “Allahu Akbar!” tanpa mengenal status.
  2. Kita adalah mahluk ciptaan tuhan yang dituntut untuk selalu bersyukur, bagaimana pun Allah SWT adalah satu-satunya tuhan bagi kita yang menjadi umat Muslim, untuk itu kita perlu bersyukur seperti apa yang diperintahkan oleh Allah SWT, untuk itulah kita mengumandangkan kalimat Tauhid : La ilaha illallah !
  3. Menyadari bahwa pada hakikatnya, segala puja maupun puji hanyalah milik Allah, manusia tak layak mendapatkan pujian yang berlebihan, apalagi bila manusia tersebut sampai dipuja. Inilah makna kita kumandangkan tahmid : Wa lillahil-hamd !
  4. Manusia harus sadar, nantinya kita akan kembali ke tempat yang semestinya, dunia ini hanyalah kehidupan sementara dan tidak akan kekal abadi. Disinilah makna manusia menyembelih hewan qurban.
  5. Sadar akan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, manusia selalu dilimpahkan segala nikmat dan untuk itulah kita dituntun untuk berqurban dalam hari raya Idul Adha ini.

Nah, itulah makna dari Idul Adha, mohon maaf bila ada kekurangan. Semoga hari raya Idul Adha anda dapat diberkahi oleh Allah SWT.

Komentar