LRT Jabodetabek Sudah Mulai Dibangun, Ini Rutenya

0
612
Pembangunan LRT Jabodetabek

LRT ( Light Rail Transit ) atau yang dikenal dengan proyek kereta ringan sudah mulai dibangun pada hari ini, tepatnya pada pukul 09.00 WIB. Proyek besar ini memakan dana yang cukup banyak. Namun, hasilnya pasti akan sangat membantu kota Jakarta dalam mengurangi kemacetan dan mempermudah jalur transportasi. LRT Jabodetabek ini dibangun untuk rute Cibubur-Cawang-Dukuh.

Proyek LRT ini dikerjakan oleh BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ), PT Adhi Karya Tbk dengan lokasi groundbreaking berada di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ), Jakarta Timur. Jalur LRT ini nantinya akan berada diatas atau layang, hal ini tentunya sangat tidak memakan tempat dari jalur darat. Maka dari itu, LRT merupakan salah satu alat transportasi yang nantinya sangat bermanfaat bagi Ibukota Jakarta.

Pembangunan LRT Jabodetabek
Beginilah penampakan LRT nantinya.

Jokowi sendiri selaku presiden sangat mendukung akan proyek LRT ini, bila proyek ini dapat berjalan dengan lancar. Besar kemungkinan akan dibangun pada kota-kota padat penduduk lainnya, sebab 6 set Kereta Ringan ini diperkirakan mampu mengangkut 24 ribu penumpang setiap harinya. Tentu hal ini sangat membantu peduduk Jakarta yang kesulitan dalam mendapatkan transportasi, serta mengalami kemacetan.

Ahok selaku gubernur DKI Jakarta menargetkan proyek LRT ini akan selesai pada tahun 2018, dimana pembangunannya nanti akan memiliki dua tahap. Tahap I akan dibangun untuk rute Cibubur-Cawang sepanjang 13,7 km, Bekasi Timur-Cawang 17,9 km dan Cawang-Dukuh Atas 10,5 km. Tahap II akan dibangun untuk rute Cibubur- Bogor 30,5 km, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan 5,5 km dan Palmerah-Grogol 5,5 km.



Pembangunan LRT Jabodetabek ini memang memakan waktu cukup lama, kurang lebih 3 tahun terhitung dari sekarang. Tetapi, ketika pembangunan LRT Jabodetabek selesai, kota Jakarta pun akan merasakan keuntungannya, terutama dalam berkurangnya tingkat kemacetan.

Komentar