Menurut Pakar LIPI Tentang Cacing Keluar yang dari Tanah Bantul

0
389

Banyaknya jumlah cacing yang keluar dari tanah Bantul membuat banyak warga resah dan juga khawatir akan terjadinya gempa, namun menurut Mbah Rono tidak akan ada gempa di Bantul yang terkait dengan keluarnya cacing – cacing ini. Pakar LIPI pun berpendapat sama dengan Mbah Rono.

Meski banyak yang percaya terhadap informasi ini, karena terkait pada gempa Bantul yang terjadi pada tahun 2006 dengan besar 5,9 skala Richter. Namun, pakar gempa dari Pusat Penelitian Geoteknologi Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ) Danny Hilman Natawidjaja berpendapat. “Kemungkinannya kecil kalau (alasan cacing-cacing ke permukaan tanah) karena tektonik,” kata Danny, Jakarta, Kamis (3/6/2015).

Dia menambahkan, bila memang terjadi gempa nantinya. Maka gempa tersebut berasal dari aktifitas tektonik yang berasal dari lepas pantai, meskipun lokasi tersebut jauh dari pantai. Dugaan lainnya pun sama seperti yang dilontarkan Mbah Rono, bahwa keluarnya cacing tersebut terjadi akibat perubahan iklim.

Namun, menurut pakar LIPI ini, tidak menutup kemungkinan gempa juga dapat terjadi, karena pada dasarnya insting hewan terkadang lebih peka dalam membaca alam. Ketika cacing – cacing tersebut gelisah dan merasa tidak nyaman terhadap lingkungannya. Maka mereka pun akan segera keluar dari habitatnya.



“Insting makhluk hidup bisa merasakan perubahan di alam, seperti waktu gempa di Padang (Sumatera Barat). Sejak sebelum gempa kok tiba-tiba hewan-hewan besar yang nggak keluar, tiba-tiba keluar,” ujar dia.

Tapi, hal tersebut tidak bisa menjadi indikator kondisi alam, karena harus dilakukan riset untuk menentukan bagaimana kondisi alam yang sebenarnya di Bantul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here