Manfaat Tidur Bagi Tumbuh Kembang Anak

0
577
Manfaat Tidur Bagi Anak

Siapa sangka jika manfaat tidur bagi bayi atau anak merupakan hal yang sangat penting. Banyak penelitian yang sudah membuktikan betapa besarnya manfaat tidur yang berkualitas. Tidur nyenyak merupakan aktivitas stimulus bagi tumbuh kembang otak anak. Karena pada saat tidur, tubuh memang beristirahat, tapi tidak demikian dengan otak. Saat tidur otak tetap bekerja dengan aktif.

Manfaat Tidur

Saat bayi tidur, hormon-hormon pertumbuhan berproses dan diproduksi. Hormon-hormon inilah yang nanti akan berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tulang dan jaringan pada tubuh anak agar tumbuh lebih besar, meningkatkan metabolisme, serta memperbaiki dan memperbaharui sel-sel dalam tubuh hingga sel dalam otak. Tidur yang cukup juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh bayi sehingga bayi tidak mudah sakit. Selain itu juga, tidur mampu menurunkan tingkat kelelahan pada bayi dan dapat membuat kulit bayi tampak lebih cerah. Menurut sebuah penelitian, bayi atau anak yang cukup tidur bisa memproses informasi yang di dapat dengan baik secara optimal.

Manfaat Tidur Bagi Anak
Bagi anda yang memiliki balita, tidur yang cukup juga akan mempermudah perkembangannya.

Lamanya Waktu Tidur yang Dibutuhkan



Jangan samakan kebutuhan tidur orang dewasa dengan kebutuhan tidur bayi dan anak-anak. Setiap bayi atau anak memerlukan waktu tidur yang berbeda-beda. Semakin bertambahnya usia sang buah hati maka semakin sedikit jumlah tidur yang diperlukan. Untuk bayi umur 0-12 bulan maka waktu tidur yang dibutuhkan sekitar 14-16 jam sehari. Jadi jangan heran jika anda melihat bayi sebentar-sebentar tidur. Untuk anak usia 1-3 tahun maka waktu tidur yang dibutuhkan adalah 12-14 jam perhari, untuk anak 3-6 tahun memerlukan waktu 10-12 jam perhari dan untuk anak berusia 6-12 tahun memerlukan waktu tidur 10-11 jam perhari.

Penyebab Bayi Susah Tidur

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi sulit untuk tidur. Penyebab yang utama bisa saja dikarenakan bayi sedang dalam keadaan lapar. Jika bayi sedang lapar maka perut bayi dalam keadaan kosong, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya pun tidak di dapat sehingga bati akan menjadi sulit tidur. Mengajaknya bermain terlalu banyak pun bisa membuat bayi sulit tidur, oleh karena itu hindarilah mengajak bayi bermain saat mendekati jam tidur. Selain itu kenyamanan ruangan nya juga harus dijaga, tidak terlalu panas ataupun dingin. Pencahayaan nya pun harus diperhatikan, ada bayi yang senang tidur dalam keadaan gelap tapi ada juga yang suka dalam keadaan terang. Jika hal-hal ini tidak diperhatikan maka bayi bisa saja sulit untuk tidur.

Dampak Kurang Tidur bagi Anak

Kurang tidur menyebabkan daya tahan tubuh bayi menurun. Bayi jadi mudah sakit dan pertumbuhannya terganggu. Kurang tidur juga membuat tubuh bayi menjadi lelah sehingga berdampak pada daya pikir bayi menjadi rendah. Bayi yang kurang tidur juga menjadi mudah rewel, mudah menangis dan sulit di atur. Kurang tidur membuat pembuluh darah berkerut karena darah yang dipompakan menjadi berkurang sehingga kulit terlihat kusam dan tidak sehat.

Komentar