Manfaat Aktivitas Luar Ruangan bagi Tumbuh Kembang Anak

0
559
Aktifitas Luar Ruangan Untuk Anak

Banyak orang tua yang lebih senang jika kegiatan anak dilakukan di dalam ruangan. Dengan begitu orang tua lebih mudah mengawasi dan perilaku anak bisa lebih mudah terkendali, selain itu jika anak beraktivitas di dalam ruangan, anak bisa fokus dengan pelajaran sekolah mereka. Padahal tidak semua anak bisa beraktivitas dengan tenang didalam ruangan. Aktivitas dalam ruangan akan membuat mereka merasa jenuh dan menjadi lebih tak terkendali. Belum lagi sekarang banyak anak yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan tv dan gadget, hal ini tentu memberikan dampak yang tidak baik bagi anak.

Beraktivitas diluar ruangan bisa memberikan dampak yang baik bagi tumbuh kembang anak. Perkembangan ini meliputi beberapa aspek, yaitu fisik, kemapuan berfikir dan berbahasa, sosial serta emosi. Permainan luar ruangan seperti bermain bola mampu merangsang pertumbuhan otot-otot motorik kasar, karena saat anak bermain bola mereka menggerakkan kaki untuk berlari dan menendang bola. Anak-anak juga menjadi lebih lincah dan lebih sehat.

Kemampuan kognitif atau kemampuan berfikir dan bahasa bisa juga di kembangkan melalui aktivitas di luar ruangan. Bermain tebak-tebakan bersama teman-teman bisa melatih kemampuan berfikir, bernyanyi dan bercerita kepada orang lain bisa menambah kemampuan bahasa. Selain itu dengan bermain diluar wawasan anak akan semakin bertambah karena diluar ruangan anak bisa melihat lebih banyak hal.

Manfaat Aktifitas Diluar Ruangan Bagi Anak
Ini dia mengapa anak harus dibiasakan pada aktifitas diluar ruangan.

Kemampuan emosi dan hidup bersosial pun akan di dapat anak jika bermain di luar ruangan. Bermain bersama teman-teman akan menumbuhkan semangat saling berbagi, saling menolong dan keterampilan sosial lainnya. Dan pada saat proses itu berlangsung anak akan merasakan ragam emosi seperti senang, bahagia, marah, malu, bersalah dan sebagainya. Bermain bersama teman ataupun keluarga di luar ruangan juga akan membuat anak melepaskan segala beban dan stress yang di rasa sehingga emosi anak akan lebih baik lagi.



Tapi bukan berarti kegiatan dalam ruangan seperti menggambar, mewarnai, membaca, bermain puzzle dan menonton tv yang menyajikan tayangan edukatif harus ditiadakan, tapi hal ini justru harus di seimbangkan dengan aktivitas di luar ruangan agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu sebagai orang tua harus memaksimalkan semua aspek tumbuh kembang anak, baik saat bermain di dalam maupun diluar ruangan.

Orang tua harus melakukan pengawasan saat anak beraktivitas, baik di dalam maupun di luar rumah. Anak-anak usia balita belum bisa berfikir mana hal yang baik bagi mereka mana yang tidak. Kegiatan melompat-lompat mungkin tidak terlalu bahaya bagi anak yang sudah agak besar, tapi bagi anak yang masih balita hal ini justru bisa mencelakakannya. Pastikanlah kalau peralatan yang akan digunakan anak saat bermain aman atau tidak, hal ini penting untuk keselamatan anak. Dengan kata-kata yang lembut, orang tua juga bisa memberitahu anak mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Dengan mendapatkan peringatan seperti itu anak akan lebih bisa mengatur diri terhadap batasan bermainnya.

Sesekali ajaklah anak bermain bersama. Hal ini sangat bermanfaat untuk mempererat hubungan keluarga, anak akan merasa lebih dekat dengan orang tua. Selain itu dengan bermain bersama, orang tua bisa mengajarkan langsung berbagai macam hal kepada anaknya.

Komentar