Maraknya Ijazah Palsu di Indonesia

0
2575

Ijazah memang merupakan hal yang sangat penting di Indonesia dalam mencari pekerjaan, oleh karena ini, banyak orang yang membeli Ijazah tanpa menempuh pendidikan. Hanya dengan membayar, maka ia pun sudah bisa mendapatkan ijazah tanpa bersusah payah menempuh jenjang pendidikan.

Latar belakang munculnya Ijazah palsu ini terjadi atas dorongan budaya Indonesia yang terlalu melihat Ijazah sebagai hal yang sangat penting bagi seseorang yang ingin mencari pekerjaan atau naik jabatan. Dengan adanya hal ini, maka banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk mencari Ijazah palsu. Disisi lain, mudahnya dalam membuka perguruan tinggi juga membuat hal ini semakin kental di masyarakat.

“Ada mekanisme kenaikan pangkat dilatari ijazah bukan keterampilan, bukan knowledge, bukan kompetensinya tapi yang dicari lembar ijazahnya,” kata Eddy Sunadi Hamid, Ketua Umum APTISI ( Asosisasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia ) di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Munculnya ijazah palsu ini didorong dengan pola pikir masyarakat Indonesia yang membuat ijazah menjadi sebuah simbolik. Sehingga, bukan ilmu yang mereka cari, tapi hanya selebaran saja. Eddy pun sudah menyebarkan surat ke berbagai sekolah tinggi swasta untuk sesegera mungkin melakukan audit pada perguruan tinggi swasta.



Ia juga meminta agar para aparat menindak tegas terhadap oknum – oknum yang melakukan penerbitan ijazah palsu ini. Masyarakat juga diharapkan untuk membantu dalam memberantas penerbitan ijazah palsu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here