PSSI Dikenakan Sanksi Oleh AFC

0
358

Sepak bola Indonesia sedang dihadapkan dengan cobaan yang cukup besar. Dimana, berkemungkinan akan dijatuhkan sanksi oleh FIFA atas intervensi pemerintah baru – baru ini. Kisruh sebelumnya masih hangat, ternyata sudah datang yang baru. Tentu hal ini sangat memberatkan PSSI.

PSSI terkena sanksi akibat insiden nyalanya suar ( flare ) saat Timnas sedang menghadapi Timor Leste dan Korea Selatan. Dua laga ini digelar di stadiun utama gelora bung karno Maret lalu. Dimana, pada akhirnya komisi disiplin AFC memutuskan bahwa hal ini masuk ke dalam pelanggaran dan harus diberikan sanksi yang sesuai dengan pasal yang berlaku dalam AFC.

Setelah mempertimbangkan dari berbagai macam sisi, AFC pun masih memberikan sedikit toleransi. Namun, sanksi tetap berlaku. PSSI dikenakan denda sebesar $ 20 ribu atau setara dengan Rp. 265 Juta. Tidak hanya sanksi ini saja, laga Timnas Indonesia pun, dengan kategori pertandingan internasional level A dalam kompetisi yang digelar AFC tidak dapat disaksikan oleh penonton secara langsung.

Artinya, PSSI dilarang untuk menggelar pertandingan dengan penonton saat Pra Piala Dunia 2018 melawan Irak nanti. Duel itu sedianya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada 16 Juni 2015 bersamaan dengan sanksi yang berlaku.



Ini dia lima poin putusan sanksi yang dijatuhkan oleh AFC.

  1. Berdasarkan pasal 76 kode disiplin AFC, PSSI diwajibkan untuk membayar sebesar $ 20 ribu.
  2. Hal itu harus diselesaikan dalam waktu 30 hari sejak keputusan final dikeluarkan oleh AFC
  3. Berdasarkan Pasal 33.5 Kode Disiplin, suspensi dari sanksi keputusan 031214DC04 secara otomatis dicabut dan diterapkan. Dan oleh karena itu, sesuai dengan Pasal 24 Kode Disiplin, PSSI diperintahkan untuk menggelar satu pertandingan tanpa penonton. Perintah ini berlaku untuk pertandingan berikutnya di kompetisi AFC yang diselenggarakan PSSI dengan melibatkan tim nasional pria level A.
  4. Berdasarkan Pasal 76 Kode Disiplin, memerintahkan PSSI untuk menggelar satu laga di tempat netral. Perintah ini berlaku untuk pertandingan berikutnya di kompetisi AFC yang diselenggarakan oleh PSSI melibatkan tim nasional pria level A. Perintah tersebut akan berlaku setelah pelaksanaan semua perintah untuk memainkan pertandingan tanpa penonton diterbitkan kepada PSSI.
  5. Perlu diinformasikan, apabila terjadi pelanggaran kembali. Maka PSSI akan dikenakan pelanggaran yang lebih berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here