Manfaat Psikologis Mendengarkan Lagu yang Sesuai Umur Bagi Anak

0
736
Psikologis Mendengarkan Lagu Untuk Anak

Sebenarnya mereka tidak mengerti apa makna lagu yang mereka nyanyikan. Lagu-lagu bertema cinta, patah hati dan perselingkuhan sangat tidak baik bagi perkembangan pola pikir anak.

Keberadaan lagu anak-anak sangat diperlukan bagi pendidikan dan tumbuh kembangnya. Karena lagu-lagu yang didengarkan oleh mereka bisa memberikan dampak psikologis. Anak-anak akan lebih mudah memahami dan menyerap keadaan lingkungan mereka dengan bermain dan Pada zaman sekarang lagu anak-anak merupakan barang yang langka. Di media televisi, lagu-lagu dewasa selalu mendominasi, hampir tidak pernah muncul tayangan mengenai lagu anak-anak. Tak heran jika kita sering mendengar anak-anak menyanyikan lagu dewasa, padahal bernyanyi. Selain itu, lagu juga merupakan media yang efektif dalam menyampaikan pesan moral dan pendidikan bagi anak tanpa merasa di gurui.

Sebagai orang tua, kita harus lebih selektif dalam memilihkan lagu mana yang pantas untuk anak dan mana yang tidak. Jika mereka dibiarkan saja mendengar lagu dewasa tanpa filter kata-kata tidak pantas nantinya akan melekat kuat dalam benak anak kecil. Dimana pada masa usianya, mereka belum sepantasnya mengenal kata cinta, peluk ataupun cium. Oleh karena itu upaya dari orang tua untuk menimalkan pengaruh jelek dari lagu dewasa sangatlah penting.

Berilah anak-anak lagu yang sesuai dengan usianya. Walapun lagu-lagu terbaru untuk anak-anak sangat langka tapi lagu-lagu zaman dahulu tidaklah ketinggalan zaman. Karena nilai-nilai posiitif dan pendidikan yang diajarkan pada lagu tersebut akan tetap sangat berpengaruh bagi anak-anak zaman sekarang. Misalnya lagu “lihat kebunku” lirik lagu itu memang sederhana tapi melalui lagu itu anak diajarkan untuk merawat tanaman sehingga bisa tumbuh dengan baik. Kemudian lagu lainnya seperti “satu ditambah satu” anak-anak diajarkan untuk berhitung tanpa mereka sadari sendiri bahwa di lagu tersebut ada sisi edukatif tentang pelajaran berhitung. Dengan mendengarkan lagu-lagu seperti ini selain anak bisa merasa senang, tentu saja anak-anak bisa belajar kosa kata baru sehingga bisa memperkaya bahasanya.



Lagu dan musik bisa melatih kemampuan anak. Pada masa perkembangan daya nalar anak, belajar sambil bermain dan bernyanyi akan mampu mengembangkan motorik anak. Bermain musik pada anakpun bisa memacu kemampuannya untuk mencerna unsur-unsur pola suara, ritme dan harmoni. Bernyanyi juga bisa mengubah mood anak yang tadinya lesu bisa menjadi lebih gembira jika diajak bernyanyi lagu-lagu yang berirama ceria. Apalagi jika orang tua dan anak bernyanyi bersama, hal ini tentu akan menambah ikatan emosional antara orang tua dan anak. Mendengarkan lagu juga bisa memberikan ketenangan pada anak, jadi tidak salah jika sebelum tidur, para orang tua sering menyanyikan lagu “nina bobo” sebagai pengantar tidur bagi anak-anak agar mereka bisa tidur lebih nyenyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here