Ini Alasan untuk Tidak Berbisnis dengan Teman

0
412

Menjalin hubungan yang erat dan kuat dalam pertemanan belum tentu bisa menjalinnya dalam sebuah bisnis, banyak dari mereka yang mencoba berbisnis dengan teman dan hasilnya pun tidak memuaskan. Bermodal awal dari hubungan yang erat, tidaklah begitu lancar saat menjalani bisnis. Karena lebih mengutamakan kebersamaan ketimbang keahlian dalam berbisnis.

Meskipun bermodal yang cukup memadai, bukan berarti anda dapat menjalankan bisnis dengan mudah bersama teman anda karena tidak hanya berinovasi dan memiliki kreativitas saja, namun anda harus berfikir secara jangka panjang, karena anda akan menemukan berbagai kejutan nantinya saat menjalani sebuah bisnis dan mungkin akan ada salah paham antara kedua belah pihak.

Faktor lain pun dapat mengganggu jalannya bisnis anda. Contohnya, anda ingin teman anda melakukan sesuatu, namun karena anda memiliki hubungan persahabatan yang cukup erat, anda pun enggan untuk memintanya, sehingga ini dapat mengganggu kestabilitasan bisnis anda. Berikut ini alasan mengapa untuk tidak berbisnis dengan teman anda.

1. Persahabatan bukan berarti membuat bisnis anda lancar



Tak layaknya bersahabat dengan teman anda, saat memulai usaha baru, anda pun lebih cenderung meyakini hubungan persahabatan anda dan persahabatan belum tentu mencapai kerjasama yang sukses. Saat terjadi konflik pun, keduanya pun akan menjadi enggan.

2. Jarang mempersiapkan rencana kedua

Jarang kali saat berbisnis dengan teman anda merencanakan rencana kedua, karena anda menjalani bisnis dengan modal persahabatan maka anda pun tidak terlalu membahas resiko bisnis anda, karena merasa tidak enak. Maka, anda hanya merencanakan satu rencana saja tanpa menimbang – nimbang resiko yang ada.

3. Melebihi emosional ketimbang logika

Seperti yang kita ketahui, dalam berbisnis itu harus stabil, dimana pebisnis dapat menggunakan logika dan emosionalnya. Namun, saat berbisnis dengan teman anda akan cenderung menggunakan emosional anda, karena sedikit – sedikit memiliki perasaan tidak enak. Hal yang harus dilakukan menurut logika anda, belum tentu anda dapat lakukan akibat sisi emosional anda.

4. Bisnis yang gagal akan merusak persahabatan

Percaya atau tidak, ketika puluhan tahun anda membangun persahabatan. Persahabatan anda berkemungkinan rusak akibat kegagalan bisnis.

5. Persahabatan bisa terganggu saat bisnis anda sukses

Semakin tingginya pohon, maka semakin kencangnya angin yang menerpa. Sama halnya dalam berbisnis, ketika anda berbisnis dengan teman dan bisnis anda mengalami kesuksesan. Kemungkinan akan terjadi pertikaian mengenai pembagian hasil.

Itulah 5 alasan mengapa anda jangan sampai berbisnis dengan teman anda, ketika anda ingin berbisnis, carilah orang lain yang tidak terlalu anda kenal namun siap menanggung resiko bersama.

Komentar