Cacing Keluar Dari Tanah di Bantul Pertanda Gempa

0
682

Munculnya cacing yang keluar dari tanah dalam jumlah banyak sangat meresahkan masyarakat Bantul. Faktanya, pada gempa bumi tahun 2006, sepekan sebelum gempa banyak cacing keluar dari tanah dan warga menyimpulkan bahwa akan terjadi gempa bumi lagi dalam waktu dekat.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Surono menegaskan, tidak ada gempa yang akan terjadi dalam waktu dekat, kalaupun ada tidak akan bisa diketahui. Namun, hanya bisa dideteksi saja. Masalah kapan terjadi gempanya itu kuasa tuhan. Mengenai cacing yang keluar dari tanah disebabkan perubahan musim pancaroba.

“Ini masa transisi musim hujan ke musim panas. Waspada bahwa Bantul rawan gempa bumi tapi kepanikan jangan berlebihan,” ucap Surono di Yogyakarta, Rabu (3/6/2015).

Pria yang kerap disapa Mbah Rono tersebut menyebutkan bahwa Bantul memang rawan gempa sejak tahun 1946. Dia juga menegaskan kembali, kemunculan cacing dari permukaan tanah tidak dapat dikaitkan dengan kondisi gunung merapi.



Kepala BPBD DIY Gatot Saptadi mengatakan, pihaknya sudah menerima cacing yang keluar dari tanah tersebut dan ia pun memanggil para ahli untuk mengetahui penyebab kejadian ini.

“Saya koordinasi dengan ahli saat ini tidak ada informasi yang jelas terkait prediksi gempa. Saya imbau masyarakat tetap tenang dan waspada,” ucap Gatot.

Komentar