Kampung Pulo Bakal Disulap Jadi Kawasan Terpadu Oleh Ahok

0
634
Ahok Ditantang Relokasi Rumahnya

Belum lama ini kasus Kampung Pulo menjadi sorotan publik Indonesia, dimana Warga Jakarta yang tinggal di sekitar Kampung Pulo harus digusur oleh Pemprov DKI untuk menjadikan daerah tersebut sebagai daerah penetralisir banjir agar Warga Jakarta tidak mengalami banjir lagi.

Sempat terjadi kerusuhan dari warga dengan polisi dan juga Satpol PP yang ingin membongkar kawasan tersebut. Sebab, warga yang tinggal di sana menuntut ganti rugi kepada Pemprov DKI Jakarta sebelum mereka digusur dari tempat tersebut.

Pemprov DKI Jakarta bertekad untuk membuat kali Ciliwung menjadi normal kembali, langkah tersebut Sekarang sudah sampai menertibkan permukiman yang ada di sekitar Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Ahok telah mengatakan penertiban permukiman warga yang ada di Desa Kampung Pulo untuk mengembalikan keadaan kondisi kali Ciliwung menjadi lebih lebar 15 sampai 20 meter seperti semula, saat pemukiman warga untuk direlokasi maka daerah tersebut akan dibangun kawasan terpadu sehingga kawasan tersebut tidak akan mengalami banjir seperti biasanya.



Kampung Pulo
Kampung Pulo Bakal Disulap Jadi Kawasan Terpadu Oleh Ahok

Tahap awal untuk membuat daerah tersebut menjadi normal kembali adalah dengan dibangunnya sheet Pile atau yang biasa disebut dengan dinding turap, sebelumnya juga sudah dibangun di lahan bekas penertiban 13 ruko yang ada disekitar Kali Ciliwung, lahan kosong pun akan dibangun kawasan rumah susun seperti yang ada di daerah Jatinegara Barat.

Selain pembangunan rumah susun, berbagai fasilitas yang lainnya pun akan dibangun di daerah tersebut, seperti taman, perlengkapan wisata air dan lokasi perdagangan. Sehingga masyarakat yang sebelumnya tinggal di permukiman Kampung Pulo masih bisa memiliki tempat untuk mereka mencari nafkah.

” makanya hunian di Kampung Pulo ingin kita tinggikan, sekarang yang ada di Kampung Pulo sudah banyak rumah yang memiliki 2 lantai dan sudah nggak ada tanah kosong, kalau kita bangun apartemen 16 lantai di bawahnya bisa kita manfaatkan dengan bangunan macam macam ” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki tjahja Purnama atau Ahok saat ditemui di daerah Ancol Jakarta Utara.

Menurut Basuki Tjahja Purnama kawasan yang berada di Kampung Pulo memang memiliki arti yang sesuai dengan nama daerah tersebut yaitu kampung di dalam pulau yang ada di putaran aliran Sungai Ciliwung, di daerah ini pula akan dibangun rumah susun terpadu warga yang sekarang tinggal di rusunawa Jatinegara dan ingin menempati Rusun baru tersebut akan diperbolehkan.

Walaupun masih banyak warga yang tidak terima tentang penggusuran yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, Ahok tetap yakin dengan apa yang dilakukannya karena dia yakin Kampung Pulo merupakan salah satu hal yang membuat Jakarta selalu banjir.

Komentar