Ulang Tahun Mundaneum Paul Otlet Dirayakan oleh Google Doodle

0
627
Ulang Tahun Mundaneum

Bertepatan pada hari ini, hari ulang ulang tahun Mundaneum Paul Otlet dirayakan oleh Google Doodle yang ke-147, seperti yang diketahui, lembaga ini pertama didirikan pada tahun 1885 oleh pengacara asal Belgia, Paul Outlet dan Henri la Fontaine. Didirikannya lembaga ini sebagai bagian dari pekerjaan mereka pada ilmu dokumentasi, dimana mereka mengumpulkan semua pengetahuan yang ada di dunia dan kemudian diklarifikasi menurut sistem mereka, ilmu ini mereka sebut sebagai Klarifikasi Desimal Universal.

Mundaneum diketahui sebagai tongkat sejarah yang berkontribusi cukup banyak pada dunia ini, sebab banyak sekali pengetahuan-pengetahuan tentang pengumpulan data dan juga manajemen yang berhasil diaplikasikan oleh masyarakat dunia. Mundaneum juga berperan dalam terbangunnya internet, karena disanalah awal mula dasar ilmunya. Sebagai contoh adalah wikipedia yang berfungsi sebagai pengumpul data, dimana hal ini sudah dilakukan oleh Mundaneum sebelumnya.

Mundaneum memang menjadi pusat data sebelum internet tercipta, mereka yang ikut berkontribusi dalam lembaga Mundaneum memang sangat berarti bagi dunia ini. Tidak heran bila banyak ilmuwan yang tentu sangat mengenal lembaga Mundaneum ini.

Didirikan berdasarkan metode yang telah dipatenkan, organisasi ini diatur berdasarkan aturan organisasi, sehingga satu dengan yang lainnya memang sangat kooperatif sekali. Sangat erat jalinan konsolidasi dan koordinasi dalam lembaga Mundaneum. Yang lebih menakjubkan lagi, semua karya yang ada di lembaga ini adalah karya murni dari para kontributor yang melakukan riset secara faktual.



Mundaneum awalnya bertempat di Palais du Cinquantenaire di Brussels (Belgia). Namun, Otlet menugaskan arsitek Le Corbusier untuk merancang proyek yang akan dibangun di Geneva, Switzerland pada tahun 1929. Otlet sengaja membangun disana dengan alasan aksi terorisme. Untuk itu, Mundaneum pun harus sesegera mungkin dipindahkan. Sayangnya proyek tersebut tak terselesaikan.

Kondisi Mundaneum
Beginilah kondisi Mundaneum dulu kala.

Pada tahun 1940, Nazi menginvasi Belgia, peran Mundaneum telah berakhir dan digantikan oleh pameran seni Reich ketiga. Akibat hal ini, beberapa materi pun hilang dan Mundaneum telah ditelan bumi. Gedung besar Mundaneum pun menjadi gedung tua tak terpakai hingga Mundaneum hanya menjadi sejarah masyarakat setempat, hingga pada tahun 1998, Mundaneum dikenang kembali dalam sebuah museum dan pada hari ini, Mundaneum berulang tahun yang ke-147.

Komentar