Gunung Merbabu Kebakaran, Beginilah Kondisi Api yang Sulit Dipadamkan

0
1306
Kebakaran Gunung Merbabu

Gunung Merbabu secara mendadak mengalami kebakaran di kawasan puncaknya. Hal ini disebabkan musim kemarau yang cukup panjang sehingga suhu terlalu tinggi dan menyebabkan kebakaran pada kawasan puncak Gunung Merbabu.

Beberapa pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan si jago merah yang sangat cepat menjalar dari titik ke titik kebakaran. Hal ini ternyata membuat para pemadam mendapatkan kesulitan untuk memadamkan api.

Hingga pukul 22.00, Kamis ( 20/8/2015 ). Api masih belum juga dipadamkan. Untuk itu, pemerintah sekitar terpaksa menghentikan upaya pemadaman. Hal ini memang harus ditangani dengan cepat, bila lambat sedikit saja ekosistem alam pada Gunung Merbabu dapat rusak seketika.

Warga pun berusaha untuk membantu para pemadam untuk memadamkan api di kawasan puncak Gunung Merbabu. Para warga berusaha memadamkan api menggunakan sabit dan ranting, sebab sulit untuk mendapatkan air disana.



Wawan salah seorang warga mengatakan api malah menjalar dengan cepat ke sisi timur dan utara, hal ini tentu membuat kebakaran semakin meluas. Saat ditanyakan seluas mana kebakaran yang terjadi di kawasan puncak Gunung Merbabu, Wawan pun sulit untuk memperkirakannya. Sebab, jarak pandang disana sangat terbatas oleh abu yang menyelimuti langit.

Pemadaman memang sudah dilakukan secara maksimal, baik oleh para pemadam kebakaran ataupun warga sekitar yang turut membantu memadamkan api.

Pemadaman Api
Upaya pemadaman api pada kebakaran Gunung Merbabu.

“Yang bisa dilakukan sekarang memaksimalkan sumber daya yang ada, bersama warga sekitar, mengepung agar api tak makin meluas lagi,” ujar Wawan.

“Ada puluhan sampai ratusan warga yang sudah bersiap subuh memadamkan, pakai parang dan sabit untuk menghalau api agar tak menyebar,” tambahnya.

Pemerintah Jawa Tengah pun sudah menawarkan hujan buatan untuk membantu memadamkan api, tetapi Wawan mengatakan bahwa biar para pemadam dan warga yang mengurus ini, kebakaran masih dalam skala yang cukup kecil dan masih dapat dipadamkan menurut Wawan.

Akibat kebakaran yang terjadi di Gunung Merbabu ini, empat rute jalur pendakian terpaksa ditutup sementara, karena khawatir api dapat menjalar kesana dan membahayakan para pendaki yang sedang mendaki. Saat ini, pemicu kebakaran tersebut juga sedang diselidiki.

Komentar