Tak Ada Korban WNI Dalam Ledakan Bom di Kuil Erawan Bangkok Thailand

0
739
Ledakan Bom di Kuil Erawan Bangkok Thailand

Sebuah bom yang telah meledak baru-baru ini di sekitar kuil erawan Bangkok telah menewaskan beberapa masyarakat disekitarnya yang nyatanya berjumlah tidak sedikit, kiranya ada sekitar dua puluh tujuh orang yang menjadi korban dari peledakan bom yang terjadi di kota bangkok Thailand ini. Pemerintah negara Thailand pun menyampaikan bahwa peledakan bom yang terjadi, bermaksud untuk melemahkan perekonomian negara Thailand yang saat ini perekonomian negara tersebut dalam kondisi kurang stabil. Bom yang meledak tepat pada hari kemerdekaan negara republik indonesia itu ternyata telah meluluh lantahkan beberapa bangunan serta membuat lubang yang cukup besar di sekitar kuil tersebut.

Atas insiden pengeboman tersebut membuat daerah wisata tersebut berubah menjadi mencekam. sementara itu, Koordinator fungsi penerangan sosial dan juga budaya dari kedubes negara Republik Indonesia yang ada di bangkok , Subandrio, telah menjelaskan bahwa tidak terdapat laporan dari polisi negara Thailand jika ada korban pengeboman dari WNI.

Ledakan Bom di Kuil Erawan Bangkok Thailand
Ledakan Bom di Kuil Erawan Bangkok Thailand

Subandrio mengatakan kurang lebih ada sekitar delapan ratus orang WNI yang tinggal di kota bangkok, yang diantaranya yang tinggal di kota tersebut adalah pelajar dan juga para pekerja. Atas kondisi di sana yang masih sangat rawan pihak KBRI pun telah memberikan himbauan kepada WNI yang tinggal disana untuk tidak keluar malam bila tidak ada keperluan yang mendadak.

Ledakan Bom Di Kuil Erawan-Bangkok-Thailand-Tidak-Memangsa-WNI
Beginilah kondisi kota setelah terjadinya ledakan bom.

Sementara itu dari beberapa hasil penyelidikan dalam peristiwa ledakan bom tersebut, polanya tidaklah sama seperti yang terjadi pada biasanya yang dikerjakan oleh sekelompok Sparatis di negara Thailand. Sampai detik ini masih belum ada seseorang atau sekelompok yang mengklaim untuk bertanggung jawab dalam peristiwa yang terjadi tersebut. dalam penyelidikannya yang paling baru memang telah ditemukan jika bom yang terbuat dari pipa kendaraan bermotor tersebut tersebut tidak cocok dengan pengeboman yang telah dilakukan oleh sparatis Patani. terlebih kelompok tersebut dalam melakukan aksi mereka sangat jarang menyerang di luar wilayah dari targetnya. dari investigasi awal memperlihatkan jika bom tersebut mempunyai kandungan 3 kg TNT yang telah diwadahi oleh pipa serta di bungkus oleh kain putih adapun efek ledakan dari bom tersebut menyampai seratus meter lebih.



Beberapa media setempat telah mencatat bahwa korban dari ledakan tersebut mencapai dua puluh tujuh orang yang sekarang berada dirumah sakit bangkok, beberapa dari mereka yang menjadi korban, terdapat beberapa warga negara asing yang berasal dari Cina, Taiwan, Malaysia dan juga Filipina. Kuil Erawan yang memiliki lokasi sangat strategis dikawasan yang sangat ramai dan dekat hotel serta perkantoran merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dan pengeboman yang terjadi di bangkok dan Thailand pun menyita perhatian publik dunia.

Komentar