Ini Dia Mobil Energi Surya ITS Buatan Anak Bangsa

0
840
Mobil Tenaga Surya

Mobil memang sudah menjadi sebagai kebutuh primer bagi masyarakat Indonesia, hampir setiap hari sejumlah mobil pun terjual. Padahal harga BBM ( Bahan Bakar Minyak ) tergolong cukup mahal. Tetapi, hal ini berbeda dengan mobil energi surya buatan ITS yang merupakan karya anak bangsa. Mobil ini dinamakan Widya Wahana V

Mobil tenaga surya ini nantinya akan mengikuti sebuah ajang kompetisi yang akan berlangsung di Australia yang bernama World Star Challenge ( WSC ) 2015. Sebelumnya mobil ini juga pernah diikutkan dalam lomba yang sama pada tahun 2013. Sayangnya, kemenangan belum berpihak pada ITS Solar Racing Team.

Ainun Nadhifah sebagai salah satu personil dari ITS Solar Racing Team mengaku optimis menang dalam WSC 2015 ini, sebab pada tahun 2013 memang timnya masih fokus terhadap desain dari mobil tersebut. Tetapi, kini tim ITS Solar Racing Team sudah mengoptimalkan mesinnya juga. Mobil ini juga mampu lari dengan kekuatan 150 km / jam. Selain itu, mobil Widya Wahana V ini dapat mengangkut 2 penumpang, yang sebelumnya hanya 1 penumpang.

Perubahan yang cukup signifikan pada mobil ini dapat ditinjau dari cara memanage tenaga surya dengan baik. Sebab, dalam kompetisi nanti. Mobil tenaga surya Widya Wahana V ini harus dapat menempuh tujuan yang sudah ditentukan dalam waktu kurang dari 6 hari. Dimana mobil ini akan melakukan perjalanan 9 jam setiap harinya.



Untuk persiapan sebelum kompetisi nanti. Mobil ini akan melakukan perjalanan dari Jakarta – Bali. Semoga mobil energi surya karya ITS Solar Racing Team ini dapat menang dalam ajang WSC 2015.

Komentar