Sejarah Lampu Lalu Lintas dan Kapan Ditemukannya

0
1236
Sejarah Lampu Lalu Lintas

Lampu lalu lintas tentu sudah bukan hal yang aneh lagi. Lantas, pernahkah anda berfikir mengenai sejarah lampu lalu lintas dan kapan ditemukannya?. Lampu lalu lintas memang sangat bermanfaat untuk mengatur kondisi lalu lintas secara otomatis dan mengurangi tingkat kecelakaan serta kemacetan dan pada hari ini merupakan hari ulang tahun lampu lalu lintas ke-101.

Sejarah lampu lalu lintas pertama kali ditemukan oleh Lester Farnsworth, saat itu ia berfikir cara untuk menertibkan kondisi lalu lintas di kota London, sebab sudah cukup tinggi tingkat kemacetan disana dan untuk itulah ia mengimpelentasikan lampu lalu lintas pada gedung parlemen di London.

Pertama kali, lampu lalu lintas ini dipublikasikan pada tahun 1986 sesaat perkembangan teknologi mesin sudah semakin berkembang, awal mulanya penemuan lampu lalu lintas ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan juga keamanan bagi pengguna jalan, hingga sampai sekarang fungsi tersebut pun masih berjalan.

Garett Augustus Morgan juga salah satu penemu lampu lalu lintas yang berasal dari AS, kala itu ia membuat 2 warna lampu lalu lintas, yakni merah untuk berhenti dan hijau untuk jalan. Sayangnya terjadi kejanggalan bagi pengguna lalu lintas, dimana tidak ada jedah stop sehingga sempat terjadi kecelakaan antara kereta kuda dan mobil.



Belajar dari pengalaman ini, pemikirannya membuahkan hasil untuk memberikan jedah stop dimana ia menggunakan lampu kuning. Lalu ia membuat lampu merah berwujud T dengan 3 warna, merah untuk berhenti, hijau untuk jalan, dan kuning untuk jedah sebelum berhenti. Akhirnya, penemuannya telah berhasil menciptakan kenyamanan dan keamanan pada setiap persimpangan di AS.

Lampu merah memang merupakan hal yang simpel dan tentu kita semua tahu mengenai fungsi lampu merah, tapi pernahkah kita tahu mengenai sejarah dan kapan ditemukannya lampu lalu lintas?. Para penemu lampu lalu lintas sangatlah berjasa dalam perkembangan teknologi mesin, tanpa adanya lampu lalu lintas tidak akan ada kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan.

Komentar