Mengapa Pancasila Harus Selalu Diingat?

0
363

Mungkin banyak yang bertanya – tanya, mengapa Pancasila harus selalu diingat dan ditanamkan pada diri setiap warga negara Indonesia. Pancasila bukanlah sekedar nenek moyang atau sejarah terbentuknya negara Indonesia saja. Akan tetapi, Pancasila juga menjadi panutan atau pedoman bagi setiap warga negara Indonesia.

Beragam suku, budaya dan agama tentu menjadi hal yang sulit untuk dipersatukan tanpa adanya Pancasila, karena inilah yang mempersatukan setiap warga negara Indonesia mulai dari sabang sampai marauke. Apabila, individu Indonesia tidak menerapkan Pancasila dalam kehidupannya sehari – hari, maka akan banyak sekali gesekan antara suku, budaya dan agama yang berbeda.

Menjadi satu adalah tujuan Pancasila. Meski beragam, namun harus tetap menjadi satu kesatuan, dengan bersatulah kita dapat menjadi kuat. Di zaman globalisasi seperti ini, tentu nilai Pancasila pun mulai berkurang, oleh karena itu, dimulai dari diri kita sendiri untuk menerapkan Pancasila.

Sebagai warga negara yang baik, tentu akan selalu mengingat dan mengenang sejarahnya. Begitupun dengan Pancasila. Dimana, kita harus dapat mempertahankan nilai Pancasila dan membudayakan di lingkungan sekitar kita. Tanpa adanya Pancasila, tentu negara Indonesia tidak akan pernah terbentuk.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here