Inilah Sejarah Lahirnya Pancasila

0
1198

Tepat hari Senin, 1 Juni 2015 ini, merupakan hari paling bersejarah bagi negara Indonesia. Hari ini, merupakan hari lahirnya pancasila, 70 tahun sudah hari kelahiran pancasila. Bila mengingat pidato mantan presiden RI pertama, Ir. Soekarno, tentu kita akan merasa bangga terhadap beliau yang telah berjasa untuk negara ini.

Pancasila memang menjadi senjata ampuh untuk menyatukan bangsa ini, dari sabang sampai marauke, semua tersatu dalam satu pancasila. Semua masyarakat Indonesia, merupakan kesatuan sebagai warga negara Indonesia.

Pada tanggal 1 Juni, sempat jadi perdebatan pada era Soeharto terkait sikap pemerintah terhadap pancasila yang ambigu. Pada tahun 1970 order baru, hari Pancasila dilarang oleh Kopkamtib. Namun, pada perkembangan selanjutnya, pemerintah order baru justru mengembangkan Pancasila dengan memperkenalkan Eka Prasetya Kencana yang menjadi materi materi dalam penataran P4 yang bersifat wajib untuk semua instansi, baik dari pemerintah maupun swasta.

Setelah terjadi masa reformasi pada tahun 1998. Muncul banyak sekali gugatan terkait hari lahrirnya Pancasila ini, karena beredar isu, kalau hari kelahiran pancasila ada tiga. Yaitu tanggal 1 Juni 1945, 22 Juni 1945 dan 18 Agustus 1945. Pada akhirnya tanggal 1 Juni 1945 lah yang ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila.



Karena, menurut data dari berbagai narasumber, pada tanggal 1 Juni lah, Soekarno pertama kali membacakan pidato Pancasila. Dimana, Soekarno masih berumur 16 tahun dan bersekolah di H.B.S Surabaya.

Begitulah sejarah lahirnya Pancasila, tanpa adanya Pancasila. Negara ini pun tidak akan dapat bersatu. Banyak sekali adat, budaya, suku yang sulit dipersatukan tanpa adanya Pancasila. Jadi, cintailah Pancasila, karena itulah pegangan setiap warga negara Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here