Apa Itu Blue Moon? Apakah Benar Benar Ada?

0
624
Blue Moon ( Bulan Biru )

Mitos mengenai Blue Moon atau diketahui sebagai bulan biri ini memang sedang geger – gegernya. Mungkin anda berfikir apakah Blue Moon itu memang benar – benar ada atau hanyalah sebuah mitos belaka? karena hal ini memang banyak sekali dicari oleh kebanyakan orang yang tentunya ingin mengetahui mengenai kebenaran Blue Moon.

Blue Moon atau bulan biru memang sudah diamati sejak lama. Dari pengamatan di Indonesia, bulan yang berwarna kebiruan ini pernah terjadi pada Desember 1992. Fenomena ini muncul setelah terjadinya letusan gunung Pinatubo di Filipina.

Bulan biru ini bukan muncul saat purnama seperti mitos yang beredar. Kemunculan bulan ini terjadi saat gerhana matahari sedang berlangsung, ada beberapa bagian berwarna kebiruan dan ada juga yang berwarna kemerahan.

Dari hasil penelitian Richard Keen, University of Colorado di Amerika Serikat, partikel cahaya yang menghamburkan cahaya matahari tersebut ternyata membuat bulan memunculkan warna kebiruan sehingga terlihat seperti bulan yang berwarna biru.



Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) juga memberikan laporan mengenai bulan biru ini, selain pada Desember 1992, ternyata Blue Moon ini juga pernah terjadi sesaat sesudah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Fakta lain dari NASA bulan biru ini tidak hanya muncul saat gerhana matahari saja pada saat itu, melainkan pada setiap fase bulan, bulan tetap berwarna biru. Lantas, apa faktor pemicu yang membuat Blue Moon muncul?.

Saat ini memang masih belum diketahui faktor pemicu yang pasti mengenai kemunculan Blue Moon ini, namun bulan biru ini akan terjadi pada jumat malam ( 31/7/2015 ). Bagi anda yang ingin melihatnya, jangan sampai terlewatkan fenomena 2,5 tahun sekali ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here