Alasan BPJS Haram Menurut MUI

0
391
BPJS Haram
MUI menyatakan BPJS Haram

BPJS yang merupakan salah satu fasilitas untuk masyarakat Indonesia yang dapat memberikan keringanan untuk berobat ternyata mendapatkan kritik dari Majelis Ulama Indonesia ( MUI ), pasalnya MUI melihat BPJS tidak berjalan dengan syariat Islam dan untuk itulah BPJS diharamkan oleh MUI sampai pemerintah dapat merubah regulasi pada BPJS.

MUI memang telah meninjau dengan apa yang dinyatakannya, untuk itu pihak BPJS pun tidak dapat berkata apa – apa dan hanya menyerahkannya kepada pemerintah. MUI juga telah menganalisa 5 poin yang menyatakan BPJS haram. Berikut ini kelima poin yang dikeluarkan MUI.

1. Tidak mencerminkan konsep ideal jaminan sosial dalam Islam

MUI berpendapat bahwa para pengguna BPJS ini sebenarnya dirugikan, hal ini ditinjau dari sistem akad BPJS tersebut.



2. Adanya bunga atau riba

BPJS memang mengenakan bunga sebesar 2 persen terhadap peserta yang telat melakukan pembayaran. Untuk itu MUI menganggap hal ini adalah riba.

3. Pemutusan Sepihak

BPJS memang memberlakukan pemutusan bagi peserta BPJS yang telat melakukan pembayaran, untuk karyawan perusahaan batas waktunya adalah 3 bulan dan untuk non karyawan jangka waktunya adalah 6 bulan.

4. BPJS mengandung unsur gharar serta maisir

Gharar mengartikan ketidakjelasan kualitas dan kuantitas suatu produk sehingga hal ini bisa juga menjadi unsur penipuan.

Saat ini pihak BPJS juga masih mengklarifikasi mengenai pernyataan MUI ini. Untuk itulah pemerintah pun akan turun tangan mengenai isu yang beredar ini.

Komentar