Indonesia Sedang Dilanda Kekeringan

0
918

Kekeringan 2015 diprediksi akan lebih parah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Musim kemarau serta imbas badai El Nino di wilayah Asia Pasifik adalah faktor yang membuat negara Indonesia mengalami kekeringan yang parah.

Menurut hasil laporan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), saat ini sudah ada 12 provinsi, 77 kabupaten atau kota, dan 526 kecamatan telah dilanda kekeringan.

Kini warga Indonesia sudah mulai mengalami dampaknya, seperti kekurangan air untuk kebutuhan sehari-hari. Menurut para petani, tahun-tahun lalu kekeringan yang mereka alami tidak seburuk pada tahun ini. Sekitar 25.000 hektar lahan pertanian Indonesia mengalami kekeringan dan sudah diperkirakan kalau rakyat akan mengalami dampaknya. Untuk mengatasi permasalahan ini, BNPD telah menyiapkan dana siap pakai sebesar Rp. 75 miliar untuk mengatasi kekeringan jangka pendek. Bantuan jangka pendek yang dimaksud adalah dengan mendistribusikan air kepada masyarakat yang mengalami kekeringan. Pendistribusian itu dikirim dengan menggunakan mobil-mobil tangki.

“Bantuan yang akan diberikan ke masing-masing daerah tergantung dari pengajuan dan pengusulan dari daerah tersebut” jelas Sutopo.



Diprediksi pada bulan Oktober sampai November sungai akan kering dan cadangan air akan menipis.

Komentar