Pertamina Akan Ganti Premium dengan Pertalite

0
431
Petugas mengganti harga pada alat pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Maya jalur pantura, Tegal, Jateng, Senin (17/11) malam.
Petugas mengganti harga pada alat pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Maya jalur pantura, Tegal, Jateng, Senin (17/11) malam. Harga BBM bersubsidi resmi naik pada pukul 00.00 WIB, BBM jenis premium dari Rp 6500 per liter menjadi Rp 8500 per liter dan BBM jenis solar dari Rp 5500 per liter menjadi Rp 7500 per liter. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/Rei/pd/14.

PT Pertamina (persero) berencana akan menghapus premium dan menggantinya dengan bahan bakar minyak baru. Katanya bahan bakar minyak baru ini memiliki kualitas lebih bagus dibandingkan dengan premium. Penghapusan ini, sesuai dengan rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas kepada pemerintah awal tahun lalu.

Pertalite adalah nama yang akan menggantikan bahan bakar premium. Pemerintah akan menjual pertalite dengan harga miring. Hal ini bertujuan untuk menjaring masyarakat dalam menggunakan BBM baru tersebut. Rencananya, Pertamina akan menghapus penjualan bensin premium di kota-kota besar yang jarang dilalui angkutan umum. Rencana tersebut akan diberlakukan pada bulan Mei 2015.

Ketua II DPP Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) M Ismeth menuturkan bahwa dirinya baru dengar belum ada pemberitahuan resmi dari Pertamina. Dirinya juga mengaku belum mengetahui penghapusan premium hanya dilakukan di kota-kota besar saja.

Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi menjelaskan, nantinya Pertalite akan memiliki kadar oktan yang lebih tinggi dari premuan dan lebih rendah dari pertamax. Sehingga, diperkirakan ukuran RON pada pertalite berkisar antara RON 90 sampai RON 92 dengan harga lebih murah dari pertamax.



 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here