Gempa Hari Ini Merupakan yang Terbesar Sepanjang 2015

0
601
Gempa Bumi di Malang

Gempa memang sering kali terjadi akibat bencana alam. Baru – baru ini terjadi gempa di Malang yang membuat warga sekitarnya panik. Stasiun Geofisika Karangkates, Malang, Jawa timur mencatat 2 gempa bumi telah mengguncang wilayah Malang. Gempa yang terjadi pada hari ini merupakan yang terbesar sepanjang tahun 2015.

Marsipan selaku Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang mengatakan gempa di Malang yang pertama, terjadi pada pukul 14.05 WIB yang berkekuatan 5.9 Skala Richter ( SR ) dengan kedalaman 56 kilometer di kilometer 150 selatan Malang. Sebelumnya gempat ini dideteksi berkekuatan 6.3 SR, namun hal tersebut diralat oleh Stasiun Geofisika Karangketes Malang.

Selanjutnya, terjadi kembali gempa susulan pada pukul 15.51 WIB dengan pusat lokasi yang sama. Namun, kekuatan gempa lebih kecil dibanding sebelumnya yang hanya 4.2 Skala Richter.

“Sepanjang tahun ini sudah empat kali terjadi gempa di Malang, tapi untuk hari ini kekuatannya adalah yang terbesar dan menyeluruh. Untuk tiga kali gempa sebelumnya kekuatannya di bawah 5,2 SR,” tutur Masripan saat dihubungi di Malang, Minggu (26/7/2015).



Masripan juga menambahkan, setelah gempa hari ini, tidak akan ada lagi gempa susulan di hari mendatang. Sebab energinya sudah berkurang.

Gempa yang terjadi di Malang ini juga menimbulkan efek pada beberapa daerah yang dekat dengan Malang, seperti di kota Denpasar, Banyuwangi, Surabaya, Sidoarjo, Trenggalek, Blitar, Jember, Madiun, dan Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here