Inilah Penyebab Kulit Wajah Berminyak

0
297
Wajah Berminyak

Anda pasti sering bertanya-tanya mengapa kulit anda berminyak? Dan apa penyebabnya? Mungkin dari kebiasaan, genetika, atau pola makan. Diantara ketiga tersebut, faktor genetika memegang peranan besar dalam menentukan jenis kulit yang anda miliki.

Minyak pada wajah memiliki fungsi sebagai pelindung kulit wajah dari luar seperti polusi dan debu yang akan masuk kedalam pori-pori kulit. Selain itu, minyak pada wajah dapat membuat wajah menjadi kenyal.

Namun, kelebihan minyak pada wajah juga akan menjadi masalah. Kurangnya percaya diri karena wajah menjadi kusap dan mengkilap. Selain itu, wajah yang berlebihan minyak atau wajah berminyak akan menangkap udara di sekitar yang dapat mengendapkan debu dan polusi. Akibatnya pori-pori di wajah menjadi tertutup dan timbulah jerawat.

Penyebab kulit wajah berminyak adalah:



  • Makanan yang berlemak

Anda pasti tahu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik. Selain menyebabkan kulit berminyak, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak juga dapat menimbulkan penyakit.

  • Kosmetik

Sebagian besar perempuan yang sudah menginjak remaja sudah mulai menggunakan berbagai macam kosmetik. Hal itu tidak masalah. Tapi ada baiknya bagi para remaja tidak menggunakan alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia. Hal itu dapat membuat wajah berminyak, iritasi, dan kulit wajah menjadi sensitive apabila kosmetik yang digunakan tidak dapat diterima oleh wajah anda.

  • Stress

Stress juga dapat menyebabkan wajah berminyak karena stress berkontribusi meningkatkan produksi minyak dalam tubuh.

  • Hormom tidak seimbang

Minyak berlebihan pada wajah merupakan salah satu tanda seorang anak sudah memasuki masa pubertas. Khususnya pada wanita, saat haid tubuh akan memproduksi banyak minyak. Sebaiknya pada saat haid kegiatan yang dilakukan harus diatur dengan baik. Asupan makanan yang seimbang dengan kegiatan dapat mengurangi jumlah produksi minyak dalam tubuh.

  • Cuaca

Wajah berminyak juga dapat disebabkan oleh cuaca. Cuaca yang terlalu kering atau terlalu lembab, dapat menyebabkan wajah menjadi berminyak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here