Sungguh Aneh Fosil Ular Purba Yang Telah Membatu Selama 113 Juta Tahun Ini

0
2449
Ular Purba

Hampir seluruh masyarakat tentu mengetahui mengenai hewan melata ini. Namun, pernahkah anda berfikir ular sekarang memiliki kaki seperti ular purba waktu dulu?. Seperti halnya pada fosil ular purba yang berhasil ditemukan di Brazil. Fosil ular ini diberi nama ilmiah dengan nama Tetrapodophis amplectus.

Awalnya, para ilmuwan bingung saat menemukan fosil ini, sebab tidak dapat diidentifikasi nenek moyang siapakah fosil ini. Setelah dilakukan proses genetika pada fosil Tetrapodophis amplectus dan juga meninjau dari beberapa gen reptil yang ada di dunia ini. Barulah, jawaban sesungguhnya ditemukan. Bahwa fosil yang sudah membantu dengan umur 113 juta tahun itu adalah nenek moyan dari Ular yang ada saat ini.

Dr Brunos Simoes juga telah mempelajari evolusi ular di History Museum London, Inggris. Ia mengaku kagum dengan temuan fosil yang terawetkan tersebut. Ia pun mencari tahu kebenaran tentang fosil tersebut dan ternyata hasilnya pun menunjukan bahwa fosil tersebut merupakan nenek moyang yang ada pada ular di jaman sekarang ini.

“Mereka diciptakan khusus, dengan jemari kurus dan panjang, dengan ujung mirip cakar kecil. Yang terlintas dalam benak kami, hewan ini mungkin berhenti menggunakan tangan dan lengan untuk berjalan dan kemudian menggunakannya untuk menangkap mangsa,” ungkapnya.



Cengkeraman yang relatif lemah tersebut mungkin juga digunakan saat masa kawin dan juga dalam menangkap mencengkram mangsanya ketika berburu. Tentu jauh berbeda dengan sebagian ular sekarang ini, yang menggunakan tubuhnya untuk melilit mangsanya hingga meremukan tulangnya agar dapat ia masukan ke tubuhnya.

Komentar