Bandara Jember Kembali Dibuka Setelah Ditutup Akibat Letusan Gunung Raung

0
398
Bandara Notohadinegoro Jember

Bandara Jember yang terkena dampak letusan Gunung Raung, kini sudah mulai beroperasi kembali. Bagi anda yang berangkat atau datang ke Bandara Notohadinegoro kini sudah tidak perlu khawatir lagi. Rute Jember – Surabaya PP sudah kembali beroperasi.

“Bandara Notohadinegoro dibuka sejak pukul 06.03 WIB berdasarkan Notice to Airmen (Notam) Nomor C0582/15, sehingga aktivitas penerbangan hari ini kembali normal,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Notohadinegoro, Edi Purnomo di Jember, Minggu (19/7/2015).

Penutupan bandara ini dikarenakan terkena dampak guyuran debu vulkanik dari letusan Gunung Raung, meski letusan Gunung Raung tidaklah besar, namun debu vulkaniknya tersebar ke area sekitar gunung tersebut.

Menurutnya, hujan abu vulkanik sudah tidak akan turun lagi. Petugas bandara juga sudah membersihkan debu vulkanik tersebut. Sehingga, runway sudah dapat dipergunakan kembali dalam penerbangan.



“Penerbangan pesawat Garuda Indonesia berjalan lancar, namun sempat terlambat karena mendung,” tutur Edi.

Akibat terlambatnya penerbangan Garuda. GM PT. Garuda Indonesia Tbk Area Jember, Syamsul Adnan mengaku terjadinya penurunan penumpang yang naik maskapai tempat ia bekerja.

“Awalnya prediksi kami terjadi peningkatan jumlah penumpang di bulan Juli seiring dengan liburan sekolah dan arus mudik Lebaran, namun yang terjadi justru sebaliknya yakni penurunan yang cukup signifikan,” tutup Syamsul.

Komentar