3 Gunung Api Ini Masih Bergolak

0
364
Ketiga Gunung Ini Wajib Diwaspadai

Gunung Raung, Gamalama dan Sinabung nampaknya masih dalam status yang tidak dapat dilepas dari pantauan. Sebab ketiga gunung ini masih berstatus rawan meletus. Oleh karena itu, masyarakatpun masih harus mewaspadai terhadap letusan ketiga gunung ini.

Gunung Raung yang berada diperbatasan kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Jember masih terus mengeluarkan letusan kecil sejak 29 Juni 2015. Dari gunung tersebut, tampak asap setinggi 1500 meter yang menutupi ke arah utara. Status gunung ini pun sudah dalam siaga 3 yang berarti patut untuk diwaspadai.

Gunung Gamalama di Kabupaten Ternate juga menjadi salah satu gunung yang harus diwaspadai. Sebab gunung ini sudah beberapa kali memberikan letusan kecil dan mengeluarkan asap putih tebal, tinggi asap diketahui 300 – 800 meter dan asap condong ke arah utara – barat laut.

“Gempa Tremor Hembusan menerus, 9 kali gempa hembusan, dan 1 kali gempa tektonik jauh. Status Gunung Gamalama tetap Waspada atau Level 2. Di dalam radius 1,5 km dilarang ada aktivitas masyarakat. Hujan abu terjadi di beberapa tempat. Bandara Sultan Baabulah masih ditutup. Masyarakat memerlukan bantuan masker,” ujar Sutopo selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.



Gunung Sinabung di Kabupaten Karo pun sama, sejak meletus pada September 2013, gunung ini sudah 2 kali mengeluarkan awan panas dengan jarak luncur sejauh 2500 meter ke arah tenggara – timur dan sejauh 3000 meter ke arah Selatan – Tenggara.

“Ini menandakan potensi letusan masih tinggi. Aktivitas vulkanik masih tinggi, pembentukan dan guguran kubah lava masih berlangsung terus, masih berpotensi terjadi awan panas guguran arah Selatan-Tenggara-Timur. Status Gunung Sinabung masih tetap Awas atau Level 4,” pungkas Sutopo

Komentar