Benarkah Pluto Lebih Besar dan Lebih Banyak Es?

0
562
Pluto Lebih Besar dan Banyak Es

Pluto yang sudah lama dikeluarkan dari orbital ternyata tidak seperti informasi pengetahuan yang beredar. Pluto tidak dianggap planet karena berjarak jauh dari matahari dan bentuknya yang kecil. Faktanya, berdasarkan kepada gambaran yang ditangkap oleh robot antariksa yang bernama New Horizon, ternyata teka – teki Pluto pun sudah terungkap.

Dari data New Horizon milik badan penerbangan dan antariksa milik Amerika Serikat ( NASA ) telah mengungkapkan fakta mengenai planet Pluto yang sebenarnya. Planet yang terbilang kerdil ini ternyata memiliki diameter seluas 2.370 kilometer dimana diameter ini lebih besar daripada semula.

Pluto pun secara resmi telah diakui lebih besar dari planet Eris yang merupakan salah satu anggota dari planet kerdil yang mengorbit pada tata surya dengan jarak yang cukup jauh dari planet Neptunus. Pengetahuan tentang planet Pluto pun mulai terkuak komposisi. Ini memang menjadi tujuan yang penting bagi para ilmuwan. Selama ini, para ilmuwan meyakini bahwa Pluto memiliki lebih banyak es dan sedikit batuan. Namun, fakta ini masih belum diketahui.

Informasi lainnya pun terkuak dari planet Pluto, seperti adanya bintik misterius dan “whale” di sekitar ekuator pluto. Hal ini semakin membuat ilmuwan menjadi lebih bersemangat dalam menguak planet yang terbilang kerdil ini.



“Pengetahuan yang kami punya sudah sangat menggiurkan. Sistem Pluto memesona karena keanehannya serta kecantikannya yang asing,” tutur Alan Stern, pimpinan investigasi New Horizon.

“Sistem Pluto adalah fosil-fosil dari masa awal tata surya. Kami akan terus mempelajari tentangnya,” tambah John Grunsfeld, selaku pimpinan tim ilmuwan yang terlibat ekspedisi New Horizon juga.

Komentar