Ukuran Planet Pluto Tidaklah Kecil, Ini Dia Faktanya

0
1293
Ukuran Planet Pluto Tidak Kecil

Sebuah penemuan yang dilakukan oleh NASA telah menemukan bagaimana ukuran planet Pluto yang sebenarnya dan juga teksture dari planet tersebut. Hasil pencitraan gambar yang dilakukan new horizons sejak tahun 2006 telah memberikan titik terang baginya untuk mengetahui fakta sebenarnya mengenai planet yang dibilang kerdil ini.

Seperti yang kita ketahui, planet Pluto dikeluarkan karena bentuknya tidak layak dari ukuran sebuah planet dan juga jauh dari orbit matahari. Ternyata, faktanya bentuk planet ini tidaklah terlalu kecil seperti yang diberitakan sebelumnya.

Misi new horizons milik NASA telah memperlihatkan bagaimana bentuk Pluto sebenarnya. NASA mengatakan bahwa planet pluto ini memiliki diameter 1,473 mil, dimana ukuran ini lebih besar dari yang mereka perkirakan sebelumnya. Penggambaran mengenai planet Pluto yang dilakukan oleh NASA dibantu oleh Probe Long Distance Reconnaissance Imager yang bekerja untuk mengumpulkan gambar – gambar mengenai planet Pluto.

“Ukuran Pluto telah diperdebatkan sejak penemuannya pada tahun 1930. Kami sangat senang akhirnya perdebatan tersebut berakhir,” dalam sebuah pernyataan ilmuwan Bill McKinnon.



Sebab, NASA memang sudah lama mengalami kesulitan untuk mengetahui ukuran planet Pluto yang sebenarnya, hal ini disebabkan beberapa faktor dari atmosfer yang ada di planet Pluto.

Selain ukuran dari planet kerdil ini, New Horizons juga berhasil mengungkap warna dari planet ini. Ternyata, planet Pluto memiliki warna merah pasir. Hal yang paling menonjol bagi planet ini adalah corak gelap yang memanjang di khatulistiwa, dikenal dengan “the whale”.

Fakta lainnya menunjukkan di planet Pluto ada juga area luas yang terang berbentuk hati dengan ukuran dua ribuan kilometer. Area ini berada dikawasan bagian kanan Pluto. Di atas planet ini juga ada kawasan kutub yang cukup terang layaknya Bumi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here