Sayonara Satoru Iwata CEO Nintendo Meninggal Dunia

0
219
Sayonara Satoru Iwata Meningal

Sayonara Satoru Iwata yang merupakan CEO dari perusahaan Nintendo baru saja meninggal dunia pada hari Senin ( 13/7/2015 ). Meninggalnya CEO yang membawa Nintendo ke era kebangkitan dalam menggarap pasar internasional meninggal akibat terkena kanker saluran empedu. Iwata memang sudah cukup lama menderita kanker ini hingga pada akhirnya ia harus meninggal dunia.

Iwata merupakan sosok yang spesial di perusahaan Nintendo, dirinya banyak berkontribusi untuk kemajuan Nintendo di pasar internasional meski ia bukan berasal dari keluarga Yamachi sang pendiri Nintendo.

Awalnya, keluarga Iwata tidak mendukung dengan apa yang ia lakukan. Sebab Iwata dikenal sebagai anak yang sangat menggemari games dan hobbynya ini tidak mendapat dukungan dari pihak keluarga sedikitpun.

Namun, ia tetap saja menjalankan apa yang ia sukai, sewaktu SMA, Iwata telah berhasil membuat sejumlah game elektronik untuk menyalurkan hobinya. Setelah lulus SMA, ia pun melanjutkan jenjang pendidikannya ke Tokyo Institute of Technology dengan mengambil jurusan ilmu komputer. Disinilah, kemampuan Iwata mulai terasah dalam membuat game.



Setelah lulus, Iwata pun bergabung dengan HAL Laboratory yang merupakan pemasok game ke Nintendo, disinilah Iwata mulai membuat karya – karyanya. Namun, akibat HAL Laboratory mengalami krisis. Iwata pun ditarik oleh presiden Nintendo Hiroshi Yamauchi meskipun ia sudah mencoba mempertahankan HAL Laboratory untuk tetap eksis.

Pada perusahaan Nintendo, Iwata memiliki posisi sebagai Corporate Planning Division. Disinilah Iwata mulai mengembangkan karirnya hingga menjadi seorang CEO dari perusahaan Nintendo. Menjadi seorang CEO Nintendo tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Semua itu berawal pada sore hari pada bulan Mei 2002, dimana Iwata dipanggil ke ruang bos Nintendo, Hiroshi Yamauchi.

Iwata pun mendapatkan banyak sekali pembelajaran dari Hiroshi mengenai perusahaan Nintendo yang sudah berdiri sejak tahun 1889. Awalnya, Iwata menyangka bahwa ia berkemungkinan dipecat, karena ia disodori pertanyaan – pertanyaan yang terbilang terlalu mendalam dan menjadi cambuk untuknya. Tapi malah sebaliknya, Iwata diminta untuk memimpin perusahaan Nintendo yang sudah lama dipimpinnya.

Dibawah kepemimpinan Iwata, Nintendo pun merasakan kenaikan grafik kemajuannya. Terutama saat Iwata merilis Nintendo DS dan Nintendo WII. Inovasi yang diberikan Iwata ini membuat perusahaan Nintendo semakin mengepakkan sayapnya menjadi lebih lebar. Bahkan, pada tahun 2008. Pasaran Nintendo DS lebih besar dari pada Sony PSP, perbandingannya 2:1. Pada tahun 2014, Iwata juga telah berhasil membuat terobosan baru dengan meluncurkan game Pokemon Omega Ruby dan Alpha Sapphire di platform 3DS.

Kesuksesan yang diraih Nintendo memang tak terlepas dari hasil inovasi Iwata. Kecintaannya terhadap game telah membawa kesuksesan bagi Nintendo, karena itulah yang dilihat oleh Yamauchi sejak awal dari sosok Iwata. Di ajang Game Developer Conference 2005 lalu, kecintaan Iwata terhadap video game pun diungkapkannya, ia mengatakan “Di kartu nama saya, saya seorang Corporate President. Di benak saya, saya seorang pengembang game. Namun di hati saya, saya seorang gamer.”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here