Penjahat Terbesar Meksiko El Chapo Melarikan Diri Dari Penjara

0
439
El Chapo Penjahat Terbesar Meksiko

Joaquin “El Chapo” Guzman seorang bos narkoba terbesar melarikan diri pada hari Sabtu ( 11/7/2015 ). Penjahat kelas satu ini melarikan diri melalui sebuah lubang sepanjang 1,5 km yang dilengkapi dengan berbagai penerangan dan juga ventilasi pada terowongan tersebut. Diduga terowongan tersebut sudah disiasati sejak lama oleh anggota El Chapo untuk membebaskan bosnya.

Kejadian ini bermula ketika El Chapo mendekati ruang cuci tempat para narapidana biasa membasuh barang – barang mereka. Saat itu El Chapo masih ada dalam pengawasan petugas. Namun, tidak pernah disangka bahwa ada lubang pintu keluar di sel El Chapo hingga ia dapat melarikan diri.

Kejadian yang terjadi ini diduga telah dibantu oleh orang dalam sel. Juru Bicara National Security, Monte Alejandro Garcia mengkonfirmasi kabar pelarian kriminal kelas atas ini.

Pelarian Joaquin Guzman “El Chapo” ini sudah bukan pertama kalinya. Dulu, pada tahun 1993, ia juga dipenjara di Guatemala selamanya dengan keamanan yang maksimum. Namun, di tahun 2001 ia berhasil kabur dari penjara tersebut melalui sebauah keranjang cucian. Sejak itu, kriminal papan atas El Chapo telah mengecoh polisi selama 10 tahun lamanya.



Dengan terjadinya hal ini, Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto memerintahkan seluruh pihak berwajib untuk mengadakan operasi besar – besaran dalam pencarian penjahat berbahaya El Chapo.

Komentar