Daftar Petinggi FIFA yang Terlibat Kasus Korupsi

0
342

FIFA sebuah organisasi sepak bola internasional terlibat kasus korupsi, lantas siapakah petinggi – petinggi yang melakukan korupsi?. Seperti yang dilansir tulisan kemarin, kini petinggi FIFA sudah diketahui nama – namanya. Dimana, sejumlah pejabat ditangkap pihak berwajib Swiss dan Amerika Serikat terkait tindakan suap dan juga pencucian uang.

FBI mengungkapkan bahwa pagi ini, ada 7 pejabat lainnya yang juga ikut terjerat dalam kasus korupsi ini. Hingga kini, jumlah pejabat FIFA yang ikut terjerat berjumlah 14 orang. Meskipun demikian, presiden FIFA Sepp Blatter tidak masuk ke dalam daftar yang tertangkap dan FIFA pun tetap menjalankan kongresnya seperti biasa.

Lalu siapa aja 14 orang yang tertangkap terkait kasus korupsi?. Ini dia profil singkatnya.

1. Jefrey Webb

pejabat-fifa-jefrey-webb



Webb adalah presiden dari Concacaf 3 tahun yang lalu. Penangkapan terhadap Webb ini sungguh mengejutkan karena ia biasanya selalu mendengungkan isu perubahan sepak bola dunia terutama dalam hal korupsi dan kini ia terjerat kasus yang sering ia bicarakan.

2. Jack Warner

Jack Warner

Sosok dominan dari Concacaf dan FIFA sejak 30 tahun terakhir dan ia pun keluar dari FIFA sejak 2011 lalu.

3. Eduardo Li

pejabat-fifa-eduardo-li

Merupakan presiden Federasi Sepak Bola Kosta Rika. Selain itu, ia juga menjadi anggota Exco FIFA.

4. Eugenio Figueredo

pejabat-fifa-eugenio-figueredo

Mantan pesepak bola tidak disangka dapat terlibat korupsi. Dia pernah menjabat di Asosiasi Sepak Bola Uruguay pada tahun 1997 sampai 2006. Dia juga menjabat sebagai wakil presiden di Conmebol pada tahun 1993 sampai 2013.

5. Julio Rocha Ropez

pejabat-fifa-julio-rocha-ropez

Ia sudah aktif di organisasi FIFA sejak januari dua tahun yang lalu dan ia pun juga menjadi seorang presiden dari Federasi Sepak Bola Nicaraguay.

6. Rafael Esquivel Melo

pejabat-fifa-rafael-esquivel-melo

Seorang presiden dari Federasi Sepak Bola Venezuela sejak tahun 1988 ini juga ikut terlibat dalam kasus korupsi. Ia juga menjadi Exco FIFA sejak tahun 2013.

7. Costas Takkas

pejabat-fifa-costa-takkas

Dia merupakan salah satu dari pejabat penting yang ada di Federasi Sepak Bola Kepulauan Cayman.

8. Jose Maria Marin

pejabat-fifa-jose-maria-marin

Ia adalah seorang presiden confederasi sepak bola Brasil ( CBF ) pada tahun 2012 – 2015. Selain itu, ia juga pernah tergabung dalam anggota Exco FIFA.

9. Nicolaz Leoz

pejabat-fifa-nicolaz-leoz

Ia adalah mantan presiden Conmebol sejak tahun 1986 hingga 2013 dan ia telah mundur sebagai anggota Exco FIFA sejak 2 tahun lalu.

10. Alejandro Burzaco

pejabat-fifa-alejandro-burzaco

Merupakan seorang CEO dari salah satu stasiun televisi di Argentina, media di Argentina pun cukup geger saat mendengar namanya terlibat dalam kasus korupsi FIFA.

11. Hugo Jinkis

pejabat-fifa-hugo-jinkis

Jinkis adalah seorang presiden Full Play International, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang sports marketing di Argentina.

12. Mariano Jinkis

pejabat-fifa-mariano-jinkis

Ia merupakan anak dari Hugo Jinkis yang kini menjabat sebagai presiden pada perusahaan ayahnya.

13. Aaron Davidson

pejabat-fifa-aaron-davidson

Seorang presiden dari Traffic Sports yang bergerak dalam bidang hak siar, marketing dan partnership olahraga.

14. Jose Margulies

pejabat-fifa-jose-margulies

Ia ditangkap karena menyediakan fasilitas bagi pembayaran illegal, dan dari sinilah uang pembayaran illegal dicuci agar tidak terketahui.

Berikut nama – nama petinggi FIFA yang melakukan tindakan korupsi, saat ini ke empat belas pejabat masih menjalani proses hukum. Semoga FIFA kedepannya dapat menjadi lebih baik setelah ke empat pejabat yang tidak bermoral ini dikeluarkan.

Komentar