Erupsi Gunung Raung Membuat Bandara Tambolaka Tutup Sementara

0
693
Erupsi Gunung Raung

Erupsi Gunung Raung di Jawa Timur telah menyebabkan Bandara Tambolaka harus ditutup sementara sejak hari kemarin ( 12/7/2015 ). Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan penerbangan, sebab erupsi gunung raung terbilang cukup membahayakan bagi penerbangan yang melintas.

Penutupan Bandara Tambolaka ini membuat ratusan penumpang terlantar. Namun, para penumpang diharapkan untuk mengerti kondisi yang terjadi saat ini.

“Ratusan calon penumpang di Bandara Tambolaka terpaksa menunggu dalam ketidakpastian. Tanggung jawab sepenuhnya terhadap nasib calon penumpang tersebut, hanya ada pada maskapai bersangkutan,” ujar Kepala Dinas NTT, Richard Djami.

Djami menambahkan bahwa otoritas bandara juga tidak dapat memberikan kepastian jadwal penerbangan kepada para calon penumpang karena semua ini bergantung kepada kondisi Bandara Ngurah Rai di Bali.



“Pesawat-pesawat yang hendak digunakan untuk keluar dari Tambolaka, masih tertahan semuanya di Denpasar. Karena faktor abu vulkanik Gunung Raung yang membuat sebagian besar maskapai penerbangan menunda jadwal terbangnya,” jelas dia.

Menurutnya, bila kondisi bandara sudah membaik di hari ini. Akan ada kemungkinan operasi dapat berjalan seperti semula. Namun, melihat dari status Gunung Raung yang dalam status Siaga II. Nampaknya cukup sulit untuk dapat beroperasi dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here