Penghasilan Tidak Kena Pajak Resmi Naik ke Angka Rp 3 Juta per Bulannya

0
754
Penghasilan Tidak Kena Pajak Naik

Pemerintah telah mengeluarkan peraturan baru terhadap pajak penghasilan. Dimana, hanya pekerja dengan gaji Rp 3 juta ke atas saja yang akan dikenakan pajak, bila kurang dari angka tersebut akan bebas pajak. Menteri Keuangan membuat peraturan ini demi menahan inflasi yang kian meningkat di Indonesia. Pasalnya, kebutuhan hidup pun akan semakin tinggi.

Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan RI memberikan keterangan resmi bahwa PTKP ( penghasilan tidak kena pajak ) di Indonesia mengalami peningkatan menjadi Rp 36 juta per tahun. Semua ini sudah diatur dalam peraturan perundang – undangan Pasal 7 nomor 7 tahun 1983 tentang pajak penghasilan.

“Sejak berlakunya PMK Nomor 122/PMK.010/2015, maka secara efektif besaran PTKP baru mulai berlaku sebagai dasar perhitungan kewajiban pajak PPh OP untuk tahun Pajak 2015 atau per 1 Januari 2015,” ucapnya di Jakarta, seperti ditulis Kamis (9/7/2015).

Ia juga mengatakan kenaikan PTKP ini sudah dipertimbangkan secara matang, hal ini dilakukan demi meningkatkan daya beli masyarakat. Sebab, akhir – akhir ini kebutuhan pokok memang naik seiringnya kenaikan harga BBM. Tentu hal ini sangat memberatkan bagi mereka yang hidup berkecukupan bahkan kurang. Oleh karena itu, menteri keuangan pun mencoba menerapkan sistem dimana tidak memberatkan mereka yang tergolong menengah kebawah.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here