Jenderal Gatot Nurmantyo Resmi Dilantik Sebagai Panglima TNI

0
304
Jokowi Melantik Gatot Sebagai Panglima TNI

Hari ini merupakan hari pelantikan bagi Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai panglima TNI yang menggantikan posisi Jenderal Moeldoko. Diketahui pergantian panglima TNI ini disebabkan Jenderal Moeldoko yang tengah memasuki usia pensiun.

Pelantikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo digelar di Istana Negara, Kompleks Istana Presiden, Jakarta Pusat. Dalam upacara yang berlangsung, pertama – tama diawali dengan pengambilan sumpah oleh bapak presiden RI Joko Widodo yang diikuti oleh Gatot.

“Apakah Anda bersedia diambil sumpah dalam agama Islam?” ucap Jokowi dalam membacakan janji yang harus dijawab Gatot. Gatot pun menjawab “Bersedia!”.

Dalam isi sumpahnya, Gatot menyatakan bahwa dirinya siap untuk menjalankan tugasnya sebagai panglima TNI dengan berpegang teguh kepada dasar negara kita Pancasila dan juga UUD 1945. Selain itu, ia juga bersumpah untuk tidak menerima segala pemberian yang diberikan secara khusus untuk panglima TNI, dalam artian Suapan.



“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa dia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya,” ucap Gatot dengan mengikuti lafadz sumpah yang disampaikan Presiden Jokowi.

“Bahwa saya akan akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjutnya.

Jokowi berharap agar Gatot dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai panglima TNI. Sebab, Gatot harus selalu mengingat janjinya yang diucapkan pada hari ini tanggal 8 Juli 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here