Yunani Menolak Dana Talangan Demi Harga Diri

0
379
Yunani menolak dana talangan

Krisis yang berlangsung di Yunani saat ini nampaknya semakin hangat saja, pasalnya, negara ini menolak dana talangan untuk membantu perekonomian Yunani dapat berjalan dengan lancar. Terlebih, mundurnya menteri keuangan Varoufakis menjadi masalah baru bagi negara Yunani.

Varoufakis diketahui sebagai menteri ekonomi yang berani, ia selalu menemani Alexis Tsipras dalam bernegoisasi dengan Eurogroup, kemunduran Varoufakis ini disebabkan beberapa anggota kelompok Eropa yang tidak mengharapkan kehadirannya dalam setiap bernegoisasi, oleh karena itu, ia pun memilih untuk mundur demi kesejahteraan negara Yunani.

Yunani yang menolak dana talangan terlalu percaya diri menurut Eurogroup. Kepercayaan diri Yunani dalam menolak dana talangan dinilai terlalu berlebihan, bahkan hutang kepada IMF yang sebesar 1,55 miliar Euro saja belum dapat dikembalikan dalam tempo waktu yang ditentukan, tepatnya pada tanggal 30 Juni 2015 ini.

Eurogroup pun merasa terkejut dengan pilihan Yunani, namun Yunani bertekad sangat kuat, bahkan dari hasil polling masyarakat Yunani. 61,3 persen rakyat Yunani memilih untuk menolak dana talangan, sisanya 38,7 persen memilih untuk menerimanya.



Kondisi Yunani saat ini memang sudah sangat memprihatinkan, bahkan pemerintah sudah menutup aktifitas perbankan pada tanggal 5 Juli 2015 dan memberlakukan sistem keuangan ketat, dimana warga Yunani hanya dapat melakukan penarikan atm sebesar 60 Euro per harinya atau setara dengan Rp. 890 ribu.

Yunani memang dalam krisis yang besar, namun pemerintah dan masyarakatnya bertekad untuk melewati krisis tersebut bersama – sama demi mendapatkan kemerdekaan yang baru bagi bangsa Yunani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here