Ongkos Naik Haji 2015 Diturunkan Jokowi

0
491
Jokowi Akan Bertemu Bos Apple

Pergi naik haji?. Siapa yang tidak mau, hampir semua umat muslim pasti ingin berangkat haji, namun terkendala oleh biaya naik haji yang cukup mahal. Biaya naik haji pada awalnya sekitar US$ 3.219. Namun, sekarang telah turun sebesar US$ 502 pada tahun ini, dimana harga naik haji menjadi US$ 2.717 atau sekitar Rp. 35.5 juta.

Penurunan biaya haji ini hasil dari penghematan yang selama ini Jokowi lakukan, meskipun hasilnya masih belum optimal menurutnya. Penurunan ongkos haji tersebut ditanda tangani dalam peraturan presiden ( Pepres ) No. 64 tahun 2015 tentang biaya penyelenggaraan haji 2015.

“Berpijak dari Perpres tersebut, Kementerian Agama telah melakukan langkah-langkah efisiensi. Dan kita telah berhasil melakukan efisiensi, dan besaran biaya penyelenggaraan ibadah haji 2015 mengalami penurunan yang cukup signifikan, dibanding besaran rata-rata tahun lalu,” ujar Jokowi.

Penurunan biaya haji ini merupakan langkah efisien dan juga terobosan dari menteri agama yang mungkin dapat diikuti oleh kementrian lainnya.



Menteri agama Lukman Hakim Saifuddin sebelumnya pernah mengatakan pihaknya akan menurunkan biaya berangkat haji dan penurunan tersebut telah disampaikan ke panitia kerja komisi VII DPR. Ia menjelaskan, penurunan ongkos berangkat haji ini disebabkan minyak dunia yang kian menurun sehingga avtur pun ikut menurun dan begitupun dengan ongkos pesawat.

Ia berharap semoga hal ini menjadi langkah awal untuk memperbaiki nilai ekonomi negara, karena melemahnya nilai rupiah menyebabkan banyak masyarakat mengalami krisis ekonomi.

Komentar