Gunung Raung Mengeluarkan Letusan Kecil

0
717
gunung raung meletus

Gunung Raung yang berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur mengeluarkan letusan kecil. Menurut Petugas Pos Pengamatan Gunung ( PPGA ), Raung Alethea mengatakan gunung dengan ketinggian 3.332 meter tersebut sudah beberapa kali mengeluarkan letusan dalam skala kecil.

Saat ini pun, status siaga sudah dinaikan ke Siaga III, dimana hal ini sudah harus diwaspadai ke depannya dan harus sudah mempersiapkan rencana jika nantinya gunung ini akan meletus.

“Memang sudah terjadi letusan-letusan kecil sehingga terlihat sinar api di puncak Gunung Raung, namun status masih Level III atau siaga dan belum meningkat ke Awas atau Level IV,” kata Burhan di Banyuwangi, Sabtu (4/7/2015).

Gempa tremor dari gunung ini juga terus meningkat dengan amplitudo 22-23 milimeter dan yang paling tertinggi saat berada di 28 milimeter. Gunung ini selalu mengalami erupsi dalam intervl 10 detik hingga 1 menit. Namun, hal tersebut masih dalam status aman karena material vulkanik dari kawah tidak sampai keluar.



“Masyarakat dan pendaki dilarang keras untuk mendekati kawah yang ada di puncak Raung dalam radius 3 kilometer dari pusat kawah aktif. Karena jarak tersebut adalah batas aman dari lontaran material vulkanik, apabila sewaktu-waktu mengalami erupsi,” ujar Burhan untuk mengimbau warga di sekitar Gunung Raung agar tetap tenang, tidak panik dan tidak terpancing isu-isu yang salah.

Komentar