Pemerintah Cari Investor Dalam Proyek Pembangunan Jalan Tol

0
573
pembangunan jalan tol

Percepatan pembangunan jalan tol yang diminta oleh pemerintah pusat nampaknya sudah dalam keadaan mendesak dan harus selesai sesuai target. Pembangunan jalan tol Balikpapan – Samarinda dan Bitung – Manado ini dibutuhkan investor yang siap menjadi tender.

“Tol Balikpapan-Samarinda, tanahnya sudah bebas 86 persen. Kemudian Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) langsung bisa melakukan tender untuk mendapatkan investor karena ini kerja sama swasta dengan ini,” ujar Sofyan, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Sofyan juga mengatakan, jalan tol Bitung – Manado ini sudah mulai mencari investor. Pembebasan lahan dalam pembangunan jalan tol ini pun masih dalam tahap proses dan diharapkan dapat selesai secepatnya.

“Diharapkan Bitung juga bisa langsung ditender mencari investor karena proses untuk investor mempersiapkan diri akan perlu waktu sampai sekitar satu tahun sambil bebaskan lahan,” ujar dia.



Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang mengatakan pihaknya telah melakukan pembebasan lahan untuk proyek pembangunan jalan tol Bitung – Manado hingga KM 7. Proses pembebasan lahan pun diharapkan selesai pada bulan Agustus mendatang. Dana pembebasan lahan pun sudah disiapkan pemerintah pusat sebesar Rp. 12 triliun. Presiden Jokowi, menargetkan pembangunan jalan tol dapat selesai hingga tahun 2019.

Komentar