Bisakah Asteroid yang akan Menghantam Bumi Dicegah?

0
547

Kabar asteroid yang akan jatuh ke Bumi menjadi perbincangan ditengah masyarakat. Pasalnya akan ada ratusan asteroid yang berkemungkinan jatuh di Bumi, namun lokasinya masih belum diketahui, karena nantinya akan jatuh secara acak dilokasi manapun.

Sebenarnya, ada ribuan asteroid yang sedang mendekati Bumi, namun hanya beberapa ratus saja yang berkemungkinan jatuh dalam waktu dekat ini. Lantas adakah cara untuk mencegah asteroid – asteroid ini?.

Saat ini, jawabannya masih belum terungkap secara ilmiah, pasalnya hal tersebut masih diluar logika manusia. Asteroid yang merupakan sampah dari luar angkasa memang sangat sulit untuk dicegah, bahkan untuk dideteksi, untuk mendeteksi secara real time saja, memerlukan teleskop berteknologi tinggi yang dapat mendeteksi objek redup yang bergerak dengan cepat ( 100 ribu km / jam ).

Selain itu, teleskop juga harus terintegrasi dengan sistem pengolah data yang cepat untuk mendeteksi setiap perpindahan asteroid serta dilengkapi dengan model orbit asteroid dan trayektorinya.



Yang terkahir, diperlukannya perhitungan efektifitas dan efisiensi, karena jangka waktu deteksi dan kejatuhan di Bumi sangat cepat.

Oleh karena itu, hingga saat ini pun, masih sangat sulit untuk mendeteksi asteroid secara real time, bahkan negara maju sekalipun tidak dapat melakukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here