Asteroid Berpotensi Menghantam Bumi

0
757
asteroid menghantam indonesia

Isu mengenai asteroid yang berkemungkinan menghantam bumi menjadi topik hangan dalam pembicaraan, untuk membenarkan isu yang beredar ini. Abdul Rahman sebagai peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Indonesia ( Lapan ) memberikan tanggapannya.

Abdul membernarkan bila nantinya ada ribuan asteroid yang sedang mendekati bumi. Menurutnya, jumlah asteroid yang medekati bumi tidak sebanyak sesuai isu yang beredar.

“Benda alami (asteroid) di dekat Bumi yang sudah terdeteksi adalah 12.851. Justru, yang berpotensi menabrak Bumi dengan ukuran cukup besar adalah sebanyak 1.593,” ujar Abdul, Rabu (1/7/2015).

Saat ini, berbagai lembaga pun ikut memantau perkembangan asteroid yang berkemungkinan menghantam bumi ini. Mengenai apakah asteroid itu akan jatuh di Indonesia. Ia hanya memberi kemungkinan saja, karena dimana pun asteroid itu bisa jatuh, jadi belum dapat diprediksi lokasi tepatnya.



NASA memang sudah mendeteksi ancaman yang serius ini, menurut Direktur dari program Asteroid Grand Challenge yang dibentuk NASA, Jason Kessler, asteroid yang mendekati bumi itu berjumlah puluhan ribu. Bahkan sekitar 800 asteroid hanya berjarak kira – kira beberapa kilometer saja dari bumi, dari 800 asteroid tersebut, ada 152 yang berkemungkinan menghantam bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here