Jerman Tolak Negoisasi Mengenai Krisis Utang Yunani

0
367
German Chancellor Angela Merkel gestures as she gives a speech at the German sustainable development congress in Berlin, May 13, 2013. REUTERS/Fabrizio Bensch (GERMANY - Tags: POLITICS ENVIRONMENT HEADSHOT)

Negara Yunani yang terancam bangkrut ini nampaknya mendapatkan masalah baru dalam penyelesaian utangnya. Pasalnya pembayaran hutang Yunani terhadap IMF sudah melampaui batas waktu yang ditentukan, pemerintah Yunani pun dinyatakan telah gagal dalam memenuhi pembayaran hutangnya.

Masalah baru timbul saat Kenselir Jerman Angela Merkel yang menolak permintaan negoisasi dari Yunani yang nantinya akan dilakukan pada tanggal 5 Juli 2015 mendatang.

Pengajuan terhadap syarat pemangkasan hutang yang diajukan oleh perdana menteri Yunani Alexis Tsipras nampaknya harus berbuah kegagalan sejak negoisasinya ditolak mentah – mentah oleh pihak Jerman. Pada Referendum yang digelar pada 5 Juli 2015 nanti, akan menentukan apakah dana pinjaman yang diberikan Bank Sentral Eropa akan ditarik kembali atau tidak. Bila dana ditarik, maka ekonomi Yunani pun akan semakin berantakan.

Bila hasil rapat nanti tidak mendapatkan persetujuan terhadap proposal yang diajukan, IMF dan Eropa pun tak akan dapat membantu negara Yunani. Nantinya, menteri zona Euro yang menentukan bagaimana hasil kedepannya.



Akibat terjadinya hal ini, warga Yunani pun harus merasakan krisis yang terjadi, warga mengakui tidak dapat mengambil uang miliknya secara penuh pada bank Yunani, dana pensiun pun masih banyak yang belum keluar. Meski warga Yunani sudah berdemo, hal tersebut masih belum membuahkan sebuah hasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here