Penyerang di Resor Tunisia Pernah Ikut Pelatihan Militer di Libya

0
324
pelaku terorisme di tunisia

Pria dengan nama Seifeddine Rezqui, melakukan pembantaian di resort Sousse dan menewaskan 39 orang. Pasalnya, pria ini pernah mengikuti pelatihan militer di Libya.

“Seifeddine Rezgui atau Aby Yahya al-Qayrawani berlatih di Libya, berbarengan dengan 2 warga Tunisia lain yang menyerbu dan menewaskan 21 orang di museum Bardo bulan Maret lalu,” kata otoritas setempat seperti dikutip dari VOA News, Rabu (1/7/2015).

Sejauh ini, ISIS mengaku bertanggung jawab atas kejadian tersebut, karena Rezqui memang menjadi anggota ISIS dan membantu organisasinya itu dalam cara apapun, salah satunya melakukan pembunuhan di Tunisia yang juga menyebabkan dirinya tewas ditempat oleh pihak berwajib.

Tindakan yang dilakukan Rezqui ini sudah masuk kedalam tindakan terorisme. Anehnya, ia tidak fokus dalam menembaki warga Tunisia kala itu, ia menargetkan bidikannya kepada turis – turis asing yang berasal dari Inggris, Jerman, Irlandia, Belgia dan Portugal.



Polisi Tunisia juga sudah menangkap 3 orang yang terlibat dalam kejadian tersebut dan masih belum diketahui motif yang sebenarnya mereka lakukan. Saat ini, Libya memang sedang dalam permasalahan konflik di kedua pemerintah yang tengah bersaing dan disinilah militan Islam masuk ke dalam untuk memperluas pengaruh mereka.

Sejak terjadinya aksi terorisme tersebut, ribuan turis yang berada di Tunisia pun pulang ke negara asal mereka. Hal ini membuat ekonomi Libya lumpuh, dimana mereka bergantung pada sektor pariwisatanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here