Operasi Hercules Bertipe B Dihentikan Sementara

0
286
Petugas gabungan berusaha memadamkan api pesawat Hercules yang jatuh, di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6). ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Rei/ama/15.

Sejak kejadian jatuhnya pesawat Hercules di Medan ini, TNI AU pun menghentikan pesawat jenis C-130 Hercules dengan tail number A-1310. Pasalnya, pesawat ini adalah pesawat tua yang dibuat pada tahun 1964, jadi hal ini tentunya dapat membahayakan nyawa.

Sayangnya, pengehentian ini baru diberlakukan setelah adanya korban dan menurut kepala Staff TNI AU Marsekal, Ade Supriyatna, pesawat Hercules tipe B ini masih layak terbang. Namun, demi keamanan pesawat bertipe B ini pun harus dihentikan operasionalnya.

“Seluruh tipe B pesawat Hercules kita stop dulu. Itu sampe ditentukan pesawat tipe B bisa untuk angkut lagi,” kata Marsekal Ade Supriatna saat dihubungi lewat telepon, Selasa (30/6/2015).

Ade menegaskan bahwa dirinya akan bertanggung jawab atas kejadian ini, karena kejadian ini juga bukan berasal dari Human Error, namun pesawat Hercules bertipe B yang sudah cukup tua ini. Dengan adanya kejadian ini, pesawat Hercules bertipe B pun akan diinspeksi ulang untuk mengetahui kelayakan pesawat. Semoga korban insiden pesawat Hercules ini dapat ditemukan secepatnya.



Komentar