Tips Jitu Bersihkan Data di Smartphone Android Secara Tuntas

0
335

Smartphone Android memang menjadi hal yang sangat populer di dunia ini, namun bagi anda yang suka menyimpan foto, video, dokumen dan file – file lainnya. Berhati – hatilah, karena riset perusahaan keamanan Avast menunjukkan bahwa data – data pribadi anda tersebut tidak akan sepenuhnya hilang apabila menggunakan “factory reset” atau “delete all”.

Meskipun anda sudah melakukan kedua langkah tersebut, data anda pun masih tidak terhapus sepenuhnya, karena data anda yang terhapus masih bisa dikembalikan. Maka, anda pun harus berhati – hati bila ingin menjual smartphone android anda, namun ada file – file penting anda. Lantas apa yang harus dilakukan untuk menghapus data tersebut secara sempurna?. Inilah langkah – langkahnya.

1. Enskripsi

Sangat disarankan, apabila anda ingin melakukan proses “wipe”, anda harus sudah menghidupkan enskripsi di perangkat android anda. Caranya cukup mudah, pertama anda masuk ke menu Setting > Security > pilih Encrpyt Phone.



2. Factory Reset

Pasti anda sudah mengenal apa itu factory reset, dimana smarthphone android anda akan kembali ke settingan pabril dan data – datanya pun ikut menghilang. Yang pertama anda lakukan adalah masuk ke menu Setting > Back Up and Reset > pilih Factory Data Reset.

3. Masukkan Data Palsu

Meskipun langkah ke satu dan kedua sudah cukup, namun untuk sistem keamanan yang lebih baik lagi, anda dapat memasukan data palsu ke smartphone android anda, seperti mendownload ribuan gambar dan memasukkannya ke smartphone anda, setelah itu anda dapat melakukan factory reset lagi.

Dengan melakukan langkah diatas, smartphone android anda akan lebih aman dalam proses pencurian data. Karena, akan banyak data palsu ketika smartphone android anda akan direstore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here